PEMBUKAAN PENDIDIKAN REGULER SESKOAL ANGKATAN KE-BT TA. 2019

PEMBUKAAN PENDIDIKAN REGULER SESKOAL ANGKATAN KE-BT TA. 2019

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. S E.. M M sebagai Inspektur Upacara Pembukaan Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-57 Program Studi Strategi Operasi Laut TA 2019, yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 14 Januari 2019 bertempat di Auditorium Jos Soedarso Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan. Turut mendampingi Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr Amarulta Octavian. S.T., M.Sc., D.E.S.D selaku Direktur Magister Terapan Angkatan Laut. 

Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan ke-57 TA. 2019 akan dilaksanakan selama 44 minggu yang diikuti 150 Perwira Menengah (Pamen) pilihan dari seluruh Indonesia dan Negara Sahabat yang terdiri dari 138 Perwira Mahasiswa (Pasis) TNI AL. 2 masing-masing TNI AD dan TNI AU serta para Pasis dari 8 Negara Sahabat yaitu Australia. India, Malaysia, Singapura, Pakistan, Korea Selatan, Jepang dan Thailand. Lulusan Seskoal diarahkan menjadi Komandan dan Staf Komando di lingkungan struktural TNI AU, TNI dan di luar struktur TNI AL.

Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut merupakan wahana pengembangan dan pematangan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para PerWira Menengah, yang berorientasi kepada upaya untuk memperluas cakrawala pandang dan mempertajam kemampuan analisis, memiliki visi jauh ke depan serta mampu mengambil inisiatif dan keputusan serta terobosan yang diperlukan dengan cepat dan tepat.

Seskoal menyelenggarakan Program Studi Strategi Operasi Laut sebagai Program Studi unggulan yang berstandar Nasional maupun internasional serta menjadikan Center Of Excelent On Naval and Maritime Science mampu membentuk Perwira Menengah yang dapat mengembangkan ide-ide pemikiran strategis secara konseptual terutama dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagi Poros Maritim Dunia.

Perwira Magister Terapan Operasi Laut lulusan Seskoal diharapkan nantinya juga mampu menjadi peneliti awal yang inovatif di bidang Strategi Operasi Laut dan dapat menjalin hubungan kemitraan dan jejaring dengan berbagai instansi dalam maupun luar negeri guna menunjang peningkatan dan pengembangan keilmuan dalam memperkuat keamanan maritim.

Saat ini Pendidikan Reguler Seskoal merupakan Pendidikan Magister Terapan Program Studi Strategi Operasi Laut, dengan Kurikulum Pendidikan menggunakan beban kuliah 55 sks (satuan kredit semester). Seskoal sebagai lembaga Pendidikan pengembangan tertinggi di Angkatan Laut dengan jenjang Pendidikan S2 Vokasi, maka Perwira Mahasiswa Magister Terapan Program Studi Strategi Operasi Laut diwajibkan menyusun Tugas Akhir berupa Tesis sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar Magister terapan Strategi Operrasi Laut (M.Tr. Ompsla). Hasil tesis terpilih dapat dipublikasikan dalam bentuk artikel ilmiah pada Jurnal nasional terakreditasi dan Jurnal Internasional bereputasi.

Turut hadir pada Pembukaan Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA 2019 antara lain Wakasal Laksda TNI Wuspo Lukito. S E,, M M. Dansesko TNI. Danseskoad. Danseskoau. Kasespimen Polri, Para pejabat Teras Mabesal, Para Pangkotama, Para Athan Negara Sahabat. Rektor Unhan. Rektor UI, Para Dosen beberapa Perguruan Tinggi dan undangan lainnya.

Danseskoal, Laksamana Muda TNI Dr Amarulta Octavian didepan para wartawan menegaskan, bahwa Pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, profesionalitas agar mampu berpikir secara global serta memiliki visi jauh ke depan, Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut ini merupakan angkatan ke 57 tahun Akademik 2019, dan kita bersyukur Seskoal sudah disertifikasi Kemenristek Dikti, dan mulai berlakunya program Magister Terapan untuk strata 2 (S2), sesuai dengan sistem pendidikan nasional.

Seskoal sekarang sudah menyelenggarakan pendidikan tinggi setara dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia dan juga bahkan di internasional, mulau tahun lalu kita sudah mendapatkan Akreditasi Nasional B, dan tahun ini kami akan mengupayakan supaya naik peringkatnya menjadi akreditasi A, tahun 2024 kita mencoba untuk mendapatkan akreditasi internasional. ini adalah program-program yang paling utama sehingga siswa sekarang perwira peserta didiknya sebutannya adalah Perwira Mahasiswa, dan mereka tugas akhirnya nanti adalah melaksanakan atau menyusun penelitian dalam sebuah tesis.

Seskoal tahun ini akan mencoba program baru yang namanya program Sit-In, adalah kesempatan kepada siswa dari luar untuk ikut di kelasnya seskoal, Jadi kami misalnya sekarang siswanya 150 sitnya ada 178, Berarti ada sekitar 20 sit yang bisa untuk umum, Jadi mereka bisa datang mendengarkan ikut mengetahui apa sebetulnya pendidikan pendidikan seksual, dari Universitas Indonesia ini sangat berminat dan nanti akan mengirim mahasiswa mahasiswanya untuk ikut dalam program ini Mulai bulan depan, masa kuliah mahasiswa sit-in 44 minggu mereka belajar dengan e-learning dan seminggu sekali hadir, dengan gelar Magister Terapan Operasi Laut, ungkapnya.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA