Antisipasi Kecelakaan Di Laut Selama Arus Mudik, Lanal Dabo Singkep Laksanakan Sosialisasi Dan Penyiagaan Unsur SAR

Antisipasi Kecelakaan Di Laut Selama Arus Mudik, Lanal Dabo Singkep Laksanakan Sosialisasi Dan Penyiagaan Unsur SAR

Dabo Singkep, 30 Mei 2019,-- Mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dan dalam rangka memberikan rasa aman bagi para pengguna laut selama arus mudik dan balik di Kabupaten Lingga, Lanal Dabo Singkep telah melaksanakan tindakan preventif berupa sosialisasi dan pressuring kepada para pengguna laut. Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak pada hari H-7, melibatkan hampir seluruh personel Posal jajaran Lanal Dabo Singkep mulai dari Posal Penuba, Cempa, Pulau Mas, Senayang, Pancur sampai dengan Tajur Biru, Selasa (29/5).

Perayaan Hari Raya Idul Fitri bagi umat Muslim di Indonesia tidak lengkap rasanya apabila tidak bersilaturahim dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman, demikian halnya dengan masyarakat Muslim di Kabupaten Lingga.

Sebagai sebuah kabupaten kepulauan, sarana transportasi laut masih menjadi pilihan utama masyarakat dalam melaksanakan perjalanan mudik maupun balik ke dan dari kampung halaman. Tingginya intensitas penumpang yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman melalui jalur laut, menjadi perhatian tersendiri bagi para pengguna laut khususnya agen dan pemilik kapal, syahbandar maupun aparat penjaga keamanan di laut.

  Adapun sosialisasi yang dilaksanakan meliputi pentingnya memperhatikan kelaikan sarana angkut, kelengkapan sarana keselamatan di laut serta pentingnya memantau prakiraan cuaca yang dibagikan oleh BMKG sebelum melaksanakan pelayaran. Lebih lanjut, para personel Posal menekankan kepada para pemilik kapal penumpang untuk tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang diijinkan.

Di lain pihak, dalam rangka mengantisipasi terjadinya kecelakaan di laut, Lanal Dabo Singkep telah menyiagakan dua unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla) yaitu Patkamla Dabo Singkep yang standby di Pelabuhan Jagoh dan Patkamla Cempa yang standby di Posal Cempa. 

Dalam rangka memeriksa kesiapan unsur tersebut, Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M.Tr. Hanla., melaksanakan sidak ke Patkamla Dabo Singkep yang sandar di Pelabuhan Jagoh. Pada kesempatan tersebut Danlanal memeriksa seluruh kesiapan Patkamla Dabo Singkep mulai dari sistem pendorongan, bahan bakar, peralatan navigasi dan komunikasi, peralatan keselamatan dan logistik yang dibawa. 

Kepada para prajurit pengawak Patkamla Dabo Singkep, Danlanal Dabo Singkep memberikan penekanan, laksanakan tugas kalian dengan penuh keikhlasan dan kebanggaan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna laut selama kegiatan arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 H. Sebagai prajurit, kita harus siap untuk ditugaskan kapanpun seperti pada saat perayaan Idul Fitri tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA