UNINDRA Adakan Pergelaran Wayang Kulit “Karno Tanding”


Sudah menjadi tradisi bagi Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA), dimana setelah menggelar acara Wisuda, senantiasa menggelar Kesenian Tradisional Wayang Kulit, dan pada acara Wisuda Ke XXVI kali ini, UNINDRA menampilkan  pentas seni budaya wayang kulit semalam suntuk dengan judul "Karno Tanding" yang dimainkan oleh Dalang Ki H. Anom Suroto dan Ki M.P.P. Bayu Aji dari Surakarta.

Menurut Rektor UNINDRA, Prof DR Sumaryoto, MM, bahwa dalam Cerita Karno Tanding, merupakan cerita perang antara Pandawa dan Kurawa, demi mewujutkan kebenaran, banyak korban baik di Senopati dari Astina yang gugur di medan laga, begitu juga pada bariwan Pendawa, Sang Karno Batuseno yang dilantik sebagai Senopati Astina kabarnya terdengar hingga ketelinga Prabu Kresno, dan dewa titisan Wisnu itupun menunjuk Arjuna sebagai tandingannya,  perang sesama saudara kandungpun terjadi,dan akhirnya Karno meninggal di medan laga.
Meski masih bersaudara, kedua kakak adik lain ayah itupun terus bertanding, keduanya sama-sama sakti, sama-sama pintar dalam memanah dan sama-sama Kesatria yang mempertahankan jiwa dan sikap kesatriannya, dan sementara ibunda Gundi Nalibroto hanya bisa menyaksikan kedua putranya saling bertempur, hingga yang satu gugur dalam peperangan tersebut.

Digelarnya Kesenian Wayang Kulit, merupakan upaya untuk membangun karakter para mahasiswa, karena dalam setiap cerita Wayang Kulit senantiasa terkandung petuah-petuah, yang perlu diteladani oleh Generasi Muda sebagai penerus bangsa saat ini, dan kita semua tau, bahwa wayang merupakan jatidiri bangsa Indonesia, dan sebenarnya Wayang juga adalah media dakwah, dimana dahulu Wali Songo dalam menyebarkan ajaran Agama Islam, juga menggunakan media Wayang Kulit, oleh sebab itu Wayang merupakan media yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Dengan Cerita Karno Tanding, kita juga dapat mengambil pelajaran yang cukup baik, karena Karno adalah sosok yang konsisten dan bisa diteladani, tegas Prof Sumaryoto.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA