Kwaran Pulogadung Lakukan Penataan Organisasi

Setelah kepengurusan Gerakan Pramuka Krartir Ranting Kecamatan Pulogadung di lantik serta dikukuhkan oleh Ketua Kwarcab Jakarta Timur, kini jajaran Kwaran Pulogadung terus melakukan penataan organisasi kepramukaan.

Menurut Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Pulogadung Kak Samidi, bahwa pihaknya bersyukur dalam beberapa bulanl ini, dalam setiap iven lomba kepramukaan, perwakilan dari Pulogadung tampil terbaik dan menjadi Juara, dimana pada Jambore Cabang, Kwaran Pulogadung memperoleh penghargaan sebagai peserta tervaforit. Untuk lomba Yel-yel dalam hari bebas kendaraan kemaren, Pulogadung juga juara I, Dan pada Lomba Gugus Tergiat SMP Lab School Rawamangun menjadi jaura II, sementara SMAN 100 memperoleh jaura I. dan kini Kwaran Pulogadung tengah menyiapkan SMP Global Sevilla School untuk mengikuti lomba Gugus.

Pada internal Kwaran, juga sedang dilakukan penyaringan untuk Dewan Kerja Ranting (DKR), untuk nantinya dapat bersama-sama pengurus Kwaran lainya, demikian juga dalam menggerakkan Satuan Karya (Saka) di Pulogadung,  pengurus Kwaran telah melakukan audensi dengan Kepala Puskesmas Kecamatan Pulogadung untuk segera membentuk Saka Bhakti Husada dan aktif membina para Pengalang dan Penegak, demikian juga Saka Bhayangkara agar pembinaan dapat ditingkatkan di Kepolisian Sektor Pulogadung, pihaknya bersyukur pada setiap menjelang Idul Fitri, Saka Bhayangkara aktif membantu pemudik, baik di Terminal Pulogadung maupun Terminal Rawamangun, ungkap Kak Samidi.

Program lain yang kini terus dilakukan adalah registrasi ulang Gugus Depan di Pulogadung, karena banyak sekolah yang belum melaporkan Gugus depannya, kita akan tata ulang Gugus Depan di pangkalan-pangkalan, untuk mendukung standarisasi Gugus Depan, agar pembinaan nantinya sesuai standar pembinaan.

Diakuinya, saat ini masih banyak Pembina Pramuka Gugus Depan yang belum mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) maupun Kursus Mahir Lanjutan (KML), hal tersebut disebabkan para pembina pramuka juga guru bidang studi di sekolah terebut, sehingga waktu mengikuti KMD tidak ada, karena harus mengikuti Diklat 1 Minggu, oleh sebab itu Kwaran Pulogadung akan menggelar Orientsi Pengenalan Pramuka bagi Pembina Pramuka yang belum mengkuti KMD, baik untuk mereka yang berpangkalan di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas, dengan waktu orientasi 3 hari, dalam bentuk Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami).

Orientsi Pengenalan Pramuka dengan Perjusami tersebut, disamping menyamakan pembinaan di masing tingkatan, pengenalan Kepramukaan yang menyenangkan, juga akan diberikan pembekalan tentang pengelolaan Gugus Depan (Manajemen Gugus Depan), guna mengikuti aturan Standarisasi Gugus Depan, paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA