LIMA PULUH PASIS SUSPAIDIKLA SIAP GELAR SEMINAR KEAMANAN LAUT

Sebanyak 50 Perwira Siswa (Pasis) Kursus Perwira Penyidik di Laut (Suspaidikla) Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Kolat Koarmabar) siap melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Seminar Kemanan Laut (Kamla) yang akan digelar di Gedung Nanggala Koarmabar, Jl. Gunung Sahari, Jakpus, selama dua hari (4-5/4/2016).

Kesiapan tersebut ditandai dengan keseriusan para siswa dalam melakukan diskusi yang sangat alot, saling mengemukakan pendapatnya demi kelancaran acara yang rencana akan dihelat di hadapan para pejabat Dinas Hukum (Diskum) dan Kolat Koarmabar.
50 Perwira siswa tersebut berasal dari seluruh Komando Utama (Kotama) TNI AL wilayah barat, yang terdiri dari Korps Pelaut 13 orang, Korps Marinir 11, Korps Suplay 3, Korps Teknik 7, Korps Elektro 4, Korps PM 1, Korps Kesehatan 1 orang, dan 10 Pasis lainnya dari Korps Khusus.

Lattek seminar bergengsi yang dijadwalkan akan dibuka oleh Kadiskum Armabar Kolonel Laut (KH) Anton Yuliarso, S.H., M.H. itu juga akan dihadiri Wakil Komandan Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Wadan Kolatarmabar) Letkol Laut (P) Arief Rustaman serta sejumlah pejabat Koarmabar lainya.
Adapun tema yang diangkat dalam Lattek seminar Kamla kali ini adalah “Peran Polisionil TNI AL di Laut Yuridiksi Nasional”.

 Menurut Kasubdis Kumlater Diskum Armabar Mayor Laut (KH/W) Nentin Feriyanti, S.H., saat membeberkan materinya pada pelajaran keamanan laut di depan puluhan pasis tersebut mengatakan, sesuai kewenangan tugas TNI yang diatur dengan undang-undang TNI no 34 tahun 2004 pasal 9 bahwa TNI AL bertugas menegakkan hukum dan menjaga kemanan wilayah laut yuridiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan Internasional yang telah diratifikasi.

“Kewenangan dalam penyidikan tindak pidana di laut memiliki cukup banyak dasar hukum yg kuat, salah satu diantaranya adalah pasal 13 TZMKO 1939 No 442. Walau demikian legalitas dan aktifitas TNI AL sebagai penyidik di laut belum sepenuhnya diketahui masyarakat umum, bahkan di kalangan perguruan tinggi pun belum terlalu banyak yang mengetahui,” papar Instruktur yang penyabar dan murah senyum itu.

Selain menegakkan hukum di laut, lanjutnya, tugas TNI AL melaksanakan diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah, melaksanakan pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut dan memberdayakan wilayah pertahanan laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA