Danlanud Ats: “Latihan Survival Dasar Ini Mutlak Diperlukan”

Danlanud Ats: “Latihan Survival Dasar Ini Mutlak Diperlukan”

Pelaksanaan latihan Survival dasar yang bertajuk “Latihan Survival Dasar Sangga Langit Tahun Anggaran 2018”secararesmi dibuka oleh Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., bertempat di Main Apron Lanud Atang Sendjaja Bogor, pada hari Senin (26/2/2018). Upacara pembukaan ditandai dengan, penyematan tanda Peserta Latihan kepada perwakilan peserta latihan.

Dalam kata sambutannya Komandan Lanud Atang Sendjaja mengatakan, bahwa latihan survival dasar yang akan dilaksanakan ini, sebagian besar peserta sudah mengenal dan bahkan pernah melaksanakannya walaupun dengan tema yang berbeda. “Oleh sebab itu, latihan ini anggap sebagai bentuk penyegaran kembali dan tidak melihatnya sebagai sebuah beban, namun tetap sungguh-sungguh dalam melaksanakannya,” ungkap Danlanud Ats.

Lebih lanjut Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., menyampaikan, pentingnya latihan survival dasar ini. “Latihan survival dasarini mutlak diperlukan bagi setiap awak pesawat sebagai bekal dalam melaksanakan operasi penerbangan yang penuh dengantantangan dan beresiko tinggi. Resiko tersebut tidak pernah kita harapkan, namun mengantisipasinya menjadi sebuah keharusan,melalui latihan-latihan yang dilaksanakan secara sungguh-sungguh”, jelasnya.

“Tujuan dari latihan survival dasar ini adalah untuk mempersiapkan fisik maupun mental peserta, agar mampu menghadapikeadaan darurat, baik di darat maupun di laut untuk menyelamatkan diri pada saat mengalami musibah dalam melaksanakan missipenerbangan, sehingga para peserta mampu mengenali berbagai bentuk ancaman, rintangan serta dapat bertahan hidup denganmemanfaatkan medan yang ada hingga datangnya petugas search and rescue memberikan pertolongan”, pungkas Marsma Irwan Is. Dunggio, S.Sos.

Kepada para peserta, Danlanud Ats mengharapkan agar dapat memanfaatkan seluruh rangkaian kegiatan latihan denganmaksimal, namun tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, mematuhi semua ketentuan dan perintah yang diberikanoleh para pelatih, agar latihan ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Danlanud Ats juga mengingatkan agar para peserta latihan dapat bekerjasama dengan aparat setempat terutama masyarakat yang langsung berintekrasi dengan peserta, harus salingmenghormati, serta pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Hadir pada pembukaan “latihan Survival Dasar Sangga langit Tahun Anggaran 2018”, Danwing 4 Lanud Ats, Kolonel PnbBambang Juniar D, S.Sos., Para Kepala Dinas, para Komandan Satuan, serta Perwira Staf Lanud Atang Sendjaja, dan Peserta latihan

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA