Pertajam Fungsi Intelijen, Lantamal II Padang Gelar Pembekalan Dasar Intelijen Pengawak Posal dan Posmat

Pertajam Fungsi Intelijen,  Lantamal II Padang Gelar Pembekalan Dasar Intelijen Pengawak Posal dan Posmat

Jakarta, 24 September 2018, Dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajuritnya, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II mengadakan pembekalan dasar Intelijen kepada pengawak Pos Angkatan Laut (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat) jajaran Lantamal II di Gedung Nanggala Mako Lantamal II, Senin (24/09).

Bahwa Posal merupakan ujung tombak dari fungsi intelijen yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pengamatan di laut dalam rangka mengantisipasi adanya setiap kejadian atau kegiatan yang bisa menjadi ancaman bagi keutuhan dan kedaulatan NKRI. Fungsi azasi Posal adalah sebagai pendeteksi dini dan sebagai badan pengumpul informasi bidang maritim, imbuhnya.

Kegiatan pembekalan diikuti oleh 22 orang Komandan Posal dan Posmat yang berada dibawah jajaran Lantamal II meliputi wilayah Sibolga, Nias, Mentawai dan Bengkulu.

Pembekalan diawali dengan materi dasar intelijen yang disampaikan oleh Asintel Danlantamal II Letkol Laut (P) Taufik Suryo Saptono kemudian dilanjutkan dengan Asops Danlantamal II Letkol Laut (P) Cahya Indra dengan memberikan materi pembekalan tentang tugas-tugas Posal dan Posmat.

Kegiatan pembekalan dilaksanakan selama satu hari, selain dasar intelijen juga diberikan materi peran intelijen dalam tingkatkan kinerja Posal yang disampaikan oleh Dantim Intel Lantamal II Letkol Laut (S) Seffirson, S.H., dan dilanjutkan dengan pemberian materi potensi maritim yang disampaikan oleh Paban Spotmar Lantamal II Mayor Laut (KH) Utep Suherman.

Komandan Satrol Lantamal II Kolonel Laut (P) Joko Triwanto juga memberikan materi pembekalan kodal dan sistim pelaporan Posal dan Posmat dan diakhir kegiatan ditutup dengan pembekalan materi Hukum yang disampaikan oleh Kadiskum Lantamal II Letkol Laut (KH) Soniady D Sadarisman, S.H., M.H.

Turut hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal II, para Asisten Danlantamal II, dan Kasatker/Kadis Lantamal II.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA