Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Danlanal Banten Bekali Santri Ibad Ar Rahman Pandeglang

Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Danlanal Banten Bekali Santri Ibad Ar Rahman Pandeglang

Jakarta, 20 September 2018, Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, M.M., memberikan pembekalan kepada Santri Ibad Ar Rahman di Yayasan Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School, Kamis (20/09). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja Danlanal Banten ke wilayah Kabupaten Pandeglang, selain itu sebagai keberlanjutan Lanal Banten dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan.

“Cara pandang bangsa kita yang tertuang dalam Wawasan Nusantara menjelaskan bukan sekedar mengenal diri, tapi harus memahami dan mengimpelentasikan jati diri bangsa yang dihadapkan dengan geografisnya. Konstelasi geografi yang dimiliki NKRI merupakan kondrat Tuhan Yang Maha Esa yaitu sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan”, tutur Danlanal Banten.

“Sejarah menjadi hal yang sangat penting dan bersifat strategis yang dapat merubah tatanan kehidupan bangsa. Sehingga dalam kesempatan kunjungan kerjanya ke Yayasan Ibad Ar Rahman, Danlanal Banten memberikan pengetahuan dan pembekalan  tentang sejarah bangsa yakni menjadi  bangsa maritim  yang besar dan kuat. Sudah saatnya kita bangun dan bergegas untuk menghilangkan julukan The Giant Sleep dan Zero Status terhadap bangsa dan negara yang kita cintai ini”, ungkap Danlanal Banten.

Semangat mengembalikan kejayaan maritim menjadi agenda prioritas dan karakter pemerintahan saat ini, menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Namun tidak seperti membalik telapak tangan diperlukan semangat dan kesadaran dalam mengenal, memahami, menjiwai dan mengimplementasikan kodrat sebagai bangsa maritim yang dikemas dalam sajian Wawasan Nusantara.

Para santri sebagai generasi penerus bangsa yang saat ini terhitung dalam bonus demografi,  menjadi peluang yang baik dalam pembangunan nasional. Selain memiliki motto "Al Quran in My Heart, Science in My Mind", perlu dibekali penanaman karakter kebangsaan dan nasionalime. Lanal Banten aktif dalam melaksanakan pembinaan karakter dan memelihara pembinaan tersebut guna mendapatkan peluang Indonesia emas pada generasinya.

Ketua Yayasan Ibad Ar Rahman Bapak Captain Hadi Santoso dan unsur Muspika Cimanuk hadir dalam penyambutan kunjungan Danlanal Banten dan rombongan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA