DALAM RANGKA HARI ARMADA RI TAHUN 2018, KOARMADA I DAN JALASENASTRI DAERAH ARMADA I GELAR BHAKTI SOSIAL KESEHATAN DI BANTEN

DALAM RANGKA HARI ARMADA RI TAHUN 2018, KOARMADA I DAN JALASENASTRI DAERAH ARMADA I GELAR BHAKTI SOSIAL KESEHATAN DI BANTEN

Jakarta, 23 November 2018,--Dalam rangka memperingati Hari Armada perlu dilaksanakan kegiatan pembinaan masyarakat maritim di pesisir pantai yang bisa menumbuhkan rasa cinta bahari serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat maritim di pesisir pantai. Salah satu cara yang dilaksanakan agar upaya tersebut tercapai adalah dengan melaksanakan bakti sosial kesehatan TNI AL, dimana dengan kegiatan tersebut derajat kesehatan masyarakat setempat diharapkan dapat meningkat sehingga produktifitasnya juga akan meningkat pula. Disamping itu dapat membantu tugas pemerintah daerah dalam menyehatkan masyarakatnya.

Pada tahun ini Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten terpilih sebagai tempat pelaksanaan Bakti Sosial Kesehatan Koarmada I pada peringatan Hari Armada RI Tahun 2018, dalam rangka upaya pemberdayaan wilayah pertahanan nasional sebagai kekuatan Binpotnaskuatmar dalam kerangka pembangunan nasional.

Bakti sosial kesehatan TNI AL pada rangkaian kegiatan peringatan Hari Armada RI merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL dalam rangka memperingati Hari Armada RI setiap tahunnya, dan juga merupakan implementasi dari kemanunggalan TNI AL dengan rakyat serta wujud kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di daerah pesisir/pantai dalam rangka untuk membantu mempercepat pembangunan sehingga diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan memberdayakan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. 

Kegiatan Bakti Kesehatan tersebut ditinjau secara langsung oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., beserta Ibu Ketua Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Yudo Vero Margono. Sasaran Kegiatan Baksos Kesehatan sebanyak 920 orang, dengan rincian : Pelayanan Kesehatan Umum 500 orang, Pelayanan Kesehatan Gigi 100 orang, Khitan 30 orang, Pelayanan KB/Kesehatan 30 orang, Penyerahan Bahan Kontak berupa Kacamata Baca 100 orang dan Kursi Roda 10 orang, serta Penyuluhan Kesehatan Dokter Kecil 50 siswa dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) 100 siswa.

Adapun tenaga medis yang terlibat sejumlah 82 Personel, terdiri dari Diskesal (Diskesal, RSAL dr. Mintohardjo, Ladokgi REM, Lafial) 19 Personel, Koarmada I 52 Personel, Lantamal III 9 Personel, dan BP Lanal Banten 2 Personel.

Kegiatan Bakti kesehatan tersebut dilaksanakan disela-sela kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Koarmada I Tahun 2018. Dimana dalam acara tersebut juga digelar demonstrasi latihan penanggulangan bencana alam yang melibatkan seluruh instansi terkait antara lain Basarnas, Koarmada I, BPBD Provinsi Banten, Tagana Provinsi Banten. Kegiatan dilanjutkan dengan Video Conference (Vicon) dengan Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada I. Dimana kegiatan bakti kesehatan ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada I.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA