Danlanal Bersama Walikota Tinjau Keramba Jaring Apung 77 Binaan Lanal Sibolga

Danlanal Bersama Walikota Tinjau Keramba Jaring Apung 77 Binaan Lanal Sibolga

 Sibolga, 25 Juni 2019,-- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga Letkol Laut (P) Betrawan, M.Tr.Hanla., bersama Walikota Sibolga Drs. H. M. Syarfi Hutauruk, M.M., meninjau Keramba Jaring Apung (KJA) 77 Binaan Lanal Sibolga, Selasa (25/6).

 Keramba Jaring Apung 77 milik Jefri Wilson yang merupakan Binaan Lanal Sibolga ini berada di sekitaran Pulau Poncan Gadang Kota Sibolga. Berbagai jenis hewan laut yang dibudidayakan di keramba ini antara lain Lobster, Kepiting, Ikan Bado, Karatang, Gabu, Jarang Gigi, Baronang, Kerapu dan jenis ikan lainnya.

 Walikota Sibolga terlihat begitu senang dan bangga saat meninjau keramba ini, dan menyampaikan apresiasi secara khusus kepada Danlanal Sibolga dan Jefri atas usaha yang ramah lingkungan ini. “Ini sangat bagus, selain dari sisi bisnis ikannya, bahkan ini menjadi peluang pariwisata edukasi laut bagi anak sekolah”, ujar Walilkota Sibolga.

 “Keramba Jaring Apung ini masih dalam tahap usaha merintis, jika usaha ini nantinya berkembang dengan baik, diharapkan dapat memberikan pelatihan bagi masyarakat Sibolga, sehingga bisa mengikuti jejak Pak Jefri. Kemudian jika saat ini hanya melakukan proses pembesaran, untuk kedepan agar dilakukan juga proses pembibitan, sehingga masyarakat yang nantinya dilatih dan akan membuka usaha seperti ini lebih mudah untuk mendapatkan bibit yang dikembangbiakkan”, pinta Walikota.

 Sementara itu, Jefri selaku pengelola Keramba Jaring Apung tersebut menyampaikan bahwa selain Keramba Jaring Apung, disini juga sedang dilaksanakan eksperimen Bagan Apung menggunakan teknologi kompressor angin yang pertama di Indonesia. Bagan apung ini sangat ramah lingkungan, kalau ini nanti berhasil, tentu baik untuk digunakan masyarakat pengusaha bagan pancang untuk pengganti bagan pancang yang ada saat ini. Karena ini bagan apung, sehingga gampang untuk dipindah-pindahkan”, terang Jefri.

 Danlanal Sibolga didampingi Palaksa Kapten Laut (PM) Hartono, S.H., dan Pasintel Lanal Sibolga Kapten Laut (P) Aris Alfatah menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu fungsi sosial bagi kami. Ketika ada potensi masyarakat Sibolga yang sangat positif seperti ini, tentu kami selaku Lanal akan membina, agar potensi yang ada dapat dimaksimalkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA