KOARMADA III SELENGGARAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI OPERATOR SIMAK BMN

KOARMADA III SELENGGARAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI OPERATOR SIMAK BMN

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menegaskan kepada Asisten Logistik Pangkoarmada III selaku Kepala Unit Akuntasi Pembantu Pengguna Barang (UAPPB) Wilayah Koarmada III agar senantiasa berupaya meningkatkan kompetensi Operator Pelaporan Barang Milik Negara (BMN) melalui Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Akuntansi (SIMAK) BMN di Koarmada III dan jajaran.  
Berdasarkan penegasan tersebut, Koarmada III menyelenggarakan penyegaran dan pelatihan Pelaporan BMN melalui Aplikasi SIMAK BMN di ruang kelas Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, selama dua hari.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi Asisten Logistik Panglima Koarmada III, Kolonel Laut (T) Widiyantoro, S.E., Kamis (25/7). Hadir Kepala Keuangan Wilayah (Ka Kuwil) Koarmada III, Kolonel Laut (S) Daniel Setiawan, S.E., S.T., M.Han., yang juga salah satu pengajar pada pelatihan dimaksud dan diikuti 30 orang peserta sesuai dengan jumlah satuan kerja.

Menurut Aslog Pangkoarmada III bahwa penyegaran dan pelatihan Pelaporan SIMAK BMN Koarmada III ini untuk meningkatkan kompetensi Operator di tiap-tiap Satuan Kerja Koarmada III. Pelatihan ini penting untuk dilaksanakan sesuai dengan perkembangan aplikasi SIMAK BMN terus berkembang pesat seiring perkembangan teknologi informasi dan peraturan terbaru Kementerian Keuangan Republik Indonesia baik di bidang keuangan maupun BMN. 
Setelah mengikuti pelatihan tersebut diharapkan Operator SIMAK BMN Koarmada III dapat meningkatkan kompetensinya dalam meng-update aplikasi dan menyajikan data terbaru maupun informasi SIMAK BMN. Seperti diketahui bahwa SIMAK BMN segala sesuatu yang berkaitan dengan barang dari mulai barang bergerak maupun barang tidak bergerak, perawatannya, perolehannya, dan penghapusannya serta pelaporannya harus dapat dipertanggungjawabkan kepada negara.

Penyegaran dan pelatihan Pelaporan BMN melalui Aplikasi SIMAK BMN dibagi menjadi beberapa sesi, yang diawali penjelasan tentang Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Barang Milik Negara Persediaan (SIDIA) oleh Aslog Pengkoarmada III, Sesi kedua Diskusi tentang standart referensi nama dan satuan barang yang dipakai Koarmada III, dan sesi ketiga terkait input pembelian dan pemakaian barang ke dalam aplikasi oleh Ka Kuwil Koarmada III yang dilanjutkan dengan diskusi dan praktek.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA