KOARMADA III SELENGGARAKAN PELATIHAN BUDIDAYA IKAN KAKAP KERAMBA JARING APUNG KEPADA NELAYAN

KOARMADA III SELENGGARAKAN PELATIHAN
BUDIDAYA IKAN KAKAP KERAMBA JARING APUNG
KEPADA NELAYAN

Sorong, 29 Juli 2019
Dinas Pembinaan Potensi Maritim Komando Armada (Dispotmar Koarmada) III bekerja sama dengan Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong serta Universitas Muhammadiyah Sorong menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Ikan Kakap Putih Keramba Jaring Apung kepada nelayan. Pelatihan tersebut dibuka secara resmi Kadispotmar Koarmada III, Kolonel Laut (P) Arief Rustaman bersama Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong, Dra. Endang Gunaisah, M.Si., di Kampus Politeknik KP Sorong Jl. Kp. Pattimura Kel. Suprau Papua, Tanjung Kasuari, Sorong Barat, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (29/7).

Menurut Kadispotmar Koarmada III bahwa pelatihan ini merupakan salah satu implementasi kebijakan Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., dalam upaya pemberdayaan potensi maritim antara lain menumbuhkan kepekaan terhadap segala aspek kemaritiman serta lingkungan hidup wilayah laut, pantai dan pesisir, serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam laut guna menciptakan kondisi yang kondusif bagi pembangunan sektor kelautan.

Pelatihan tersebut diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari nelayan Kelurahan Klaligi, Kota Sorong, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong dan Politeknik KP Sorong yang dibagi dua tahap, yakni tahap pertama pelajaran teori di kelas Politeknik KP Sorong selama dua hari, kemudian tahap ketiga praktek pembuatan keramba jaring apung di Pantai Klaligi. “Setelah kerambanya selesai, direncanakan pada tanggal 5 Agustus 2019 akan dilaksanakan penaburan bibit unggul ikan kakap putih di keramba yang telah dibuat sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong, Dra. Endang Gunaisah, M.Si., mengatakan sangat mendukung pelatihan tersebut. “Sinergitas Koarmada III dengan Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong dalam memberdayakan nelayan merupakan hasil pembicaraan dan diskusi dengan Panglima Koarmada III pada waktu kami (Direktur) Politeknik KP Sorong beserta sejumlah staf melaksanakan kunjungan kerja ke Koarmada III, beberapa hari yang lalu,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA