DPRRI Dukung Ujian Nasional Berbasis Komputer

Disela acara Rapat di Komisi X DPRRI, Anggota Dewan dari Fraksi PDI Perjuangan, Dra. SB Wiryanti Sukamdani, Kamis (7/4) pada wartawan menegaskan, bahwa setelah melihat pelaksanaan Ujian Nasional di beberapa daerah di Indonesia, Komisi X mendorong agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kedepan akan mengalihkan Ujian Nasional yang sebelumnya menggunakan kertas, untuk beralih ke Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Menurut Yanti panggilan akrab SB Wiryanti Sukamdani yang juga pengusaha Hotel dan Restoran ini mengaku bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer lebih baik jika dibandingkan dengan Ujian Nasional menggunakan Kertas, UNBK lebih efektif, lebih aman dari kebocoran, lebih efisien. Dan  pastinya siswa lebih diuntungkan dibanding jika menggunakan kertas. Hanya saja permasalahan UNBK di sekoleh-sekolah di daerah, banyak yang belum memadai prasarananya, seperti jumlah Komputer, Jaringan Internet maupun Jaringan Listrik.

Dalam waktu dekat Komisi X akan meminta pada Kemendikbud agar melakukan kerjasama dengan PLN, untuk mendukung UNBK, agar saat ujian nasional berlangsung tidak ada gangguan listrik, disamping itu diharapkan Kemendikbud juga meningkatkan bantuan komputer beserta server internet pada sekolah-sekolah, sehingga pelaksanaan UNBK dapat juga digelar di sekolah di daerah pedesaan.
Untuk wilayah DKI Jakarta, Wiryanti Sukamdani yang terpilih dari daerah Jakarta Timur tersebut, mengaku telah berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, diakuinya untuk sekolah Swasta memang belum melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer dan masih menggunakan kertas, namun untuk SMA/K Negeri sudah 90% UNBK, dan Dinas Pendidikan berjanji untuk tahun 2017 mendatang seluruh sekolah negeri 100% dengan UNBK, dan diharapkan juga diikuti oleh SMA/K swasta, paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA