Para Calon Penyidik TNI AL Sambangi PSDKP Jakarta

Setelah sukses melaksanakan kunjungan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, 50 Perwira Siswa (Pasis) peserta Kursus Perwira Penyidik di Laut (Suspaidikla) 2016 Komando Latihan (Kolat) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) kembali melaksanakan kunjungan safari, kali ini mereka lakukan ke kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Kunjungan yang mereka lakukan dalam rangka menambah wawasan atau pengetahuan serta informasi tentang penyidik pidana tertentu di laut itu dipimpin Komandan Pusat Latihan Dukungan Operasi (Dan Puslat Dukops) Kolatarmabar Letkol Laut (P) Iwan Kuswanto, S.E., yang juga diikuti Kepala Departemen Jabatan Kusus (Kadep Jabsus) Kolatarmabar Mayor Laut (KH) Rudi Setiyono, S.Pd., M.H.

Rombongan para calon penyidik tindak pidana tertentu di laut itu diterima langsung oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Agus Wijaya Situmorang, S.E., Kasi Sarana dan Prasarana Erwin Surung Pardomuan N., S.T., serta sejumlah Staf terkait.

Pada kesempatan tersebut, Kasi Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Agus Wijaya Situmorang, S.E., membeberkan tentang tata cara atau kelengkapan yang harus dipenuhi untuk mengajukan surat ijin penangkapan ikan (SIPI).
Menurutnya, kelengkapan tersebut cukup banyak, antara lain: harus memiliki fotokopi SIUP, fotokopi grosse akta dengan menunjukkan aslinya dan fotokopi buku kapal perikanan, apabila grosse akta dalam jaminan bank, harus melampirkan fotokopi akta hipotik dengan menunjukkan aslinya.

Selain itu masih ada sederet persyaratan lainnya, di antaranya: Spesifikasi teknis alat penangkapan ikan yang digunakan, fotokopi gambar rencana umum kapal (general arrangement), data kapal dengan format sebagaimana tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 30 Tahun 2012, dan lain-lain.

Seperti halnya yang mereka lakukan saat mengunjungi Kejari Jakarta Utara, kali ini mereka juga saling tukar menukar cindera mata dari Komandan Puslat Dukops Kolatarmabar Letkol Laut (P) Iwan Kuswanto, S.E., dan Ketua Senat Pasis Suspaidikla Kapten Laut (P) Nasirwan kepada Kasi Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Agus Wijaya Situmorang, S.E., dan sebaliknya.


Seusai foto bersama, rombongan diajak berkeliling di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta Utara, untuk melihat langsung sejumlah alat tangkap ikan yang ada di kapal-kapal ikan yang sedang sandar di pelabuhan tersebut. 

Di sana para Perwira Siswa Suspaidikla 2016 yang memang tengah mengais ilmu penyidik tindak pidana tertentu di laut tersebut juga mendapatkan penjelasan bagaimana cara para nelayan menangkap ikan, serta alat-alat yang digunakannya.

Sementara itu 50 Perwira Siswa calon penyidik tindak pidana tertentu di laut tersebut berasal dari seluruh Komando Utama (Kotama) TNI AL wilayah barat, yang terdiri dari Korps Pelaut 13 orang, Korps Marinir 11, Korps Suplay 3, Korps Teknik 7, Korps Elektro 4, Korps PM 1, Korps Kesehatan 1 orang, dan 10 Pasis lainnya dari Korps Khusus.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA