SAFARI RAMADHAN, KASAL BERI PENGARAHAN KEPADA PRAJURIT TNI AL WILAYAH TIMUR

SAFARI RAMADHAN, KASAL BERI PENGARAHAN KEPADA PRAJURIT TNI AL WILAYAH TIMUR

Surabaya, 13 Juni 2017
Dalam rangkaian kegiatan safari Ramadhan di Surabaya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. bersama Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi memberikan pengarahan kepada prajurit TNI AL Wilayah Timur dan Mahasiswa STTAL, Taruna AAL serta para siswa Kodiklatal bertempat di Graha Samudera Bumimoro, Surabaya, Selasa (13/06). Hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Utama Mabesal yaitu Aspam Kasal, Aslog Kasal, Aspotmar Kasal serta Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Timur, Pengurus Pusat Jalasenastri dan Ibu-ibu Jalasenastri Wilayah Timur.

Dihadapan sekitar 3000 prajurit TNI AL Wilayah Timur, Kasal memberikan tiga hal penekanan yang harus dimengerti dan dilaksanakan oleh para prajurit, yaitu mengenai Sumber Daya Manusia (SDM), perkembangan organisasi dan hal-hal yang menjadi perhatian kedepan bagi para prajurit. Dari tiga penekanan tersebut diharapkan para prajurit dapat mewujudkan Visi TNI AL yaitu membangun TNI AL yang berkelas dunia (World Class Navy).

Menurut Kasal, TNI AL sebagai World Class Navy dapat ditunjukkan dengan telah berkiprahnya TNI AL diajang dunia internasional dan mendapat pengakuan dari angkatan laut negara lain, hal ini salah satunya ditunjukkan dengan adanya penghargaan Medali Kehormatan Tamandare Merit Medal dari pemerintah Brazil kepada Kepala Staf Angkatan Laut yang diterima pada bulan lalu. Selain itu juga dipercaya sebagai Chairman West Pasific Naval Symposium periode 2016-2018.

Untuk menuju World Class Navy, kata Kasal, diperlukan SDM TNI AL yang profesional. Untuk itu Pimpinan TNI AL telah membuka kesempatan yang luas kepada prajurit TNI AL untuk mengikuti pendidikan yang bersifat profesi maupun akademik, termasuk mengembangkan kemampuan bahasa asing.

 “Mampu berbahasa Inggris adalah wajib, sedangkan lainnya adalah berbahasa Perancis, Rusia, Cina, Arab dan Latin”, kata Kasal.

Sedangkan untuk pengembangan organisasi TNI AL kedepan masih dalam tahap kajian diantaranya pengembangan Armada, Pasmar 3, Satlinlamil, Pangkalan Marinir serta Laboratorium Sistem Pengamanan Jaringan untuk menghadapi peperangan cyber.

Diakhir pengarahannya, Kasal kembali menekankan kepada para prajurit agar meningkatkan integritas moral yaitu dengan mematuhi norma kesusilaan, norma agama, norma etiket dan norma bermasyarakat yang harus diterapkan dalam kehidupan kedinasan. Selain itu Kasal juga menegaskan agar prajurit TNI AL beserta keluarganya untuk menghindari Narkoba dan menghindari penyimpangan terhadap kewenangan dalam tugas agar sesuai Tupoksi.

Disela-sela pengarahannya, Kasal beberapa kali memberikan pertanyaan kepada para prajurit dan Taruna serta siswa termasuk kepada ibu-ibu Jalasenastri dengan berbagai materi pertanyaan sehingga suasana menjadi semakin menarik dan hidup.

Menutup rangkaian safari Ramadhan di Surabaya, Kasal melaksanakan buka puasa bersama prajurit TNI AL Wiltim dan anak-anak yatim piatu serta shalat Magrib berjamaah dan shalat Isya’ berjamaah dilanjutkan shalat taraweh. Acara diakhiri dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi didampingi Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. dan Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Cici Wuspo Lukito.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA