MARINIR SORONG MENDAPAT BANTUAN LAMPU TENAGA SURYA HEMAT ENERGI (LTSHE)

MARINIR SORONG MENDAPAT BANTUAN LAMPU TENAGA SURYA HEMAT ENERGI (LTSHE)


Komandan Korps Marinir TNI AL (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono secara langsung menyerahkan 12 set Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) bantuan kementrian ESDM kepada Prajurit Yonmarhanlan XIV Sorong, Kamis (1/2/2018) di Katapop daerah pedalaman Sorong Papua Barat. 

Dalam kesempatan tersebut Dankormar didampingi oleh Asrena Dan Kormar Kolonel Marinir Edi Prakoso dan Asisten Logistik Dankormar Kolonel Marinir Budiarso . Dankormar menyampaikan,”Dengan adanya Lampu Tenaga Surya Hemat Energi ini tentunya akan sangat mendukung penugasan Marinir, terutama di tempat-tempat yang belum terdukung listriknya. Pendistribusian lampu ini diprioritaskan untuk Marinir yang bertugas di pulau terluar dan perbatasan. Rawat dan gunakan dengan baik.” ungkap Dankormar kepada prajurit Marinir. 


Lampu tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Pada (19/01/2018) lalu Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono menerima 200 (unit) LTSHE. Penyerahan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (Dirjen EBTKE ESDM RI) Ir. Rida Mulyana, M.Sc bertempat di Graha Marinir, Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun no.40, Jakarta-Pusat, Jum’at (19/01/2018). 


 Paket program LTSHE mencakup panel surya kapasitas 20 watt peak, 4 lampu LED, baterai, biaya pemasangan, dan layanan purna jual selama tiga tahun. Prinsip kerja LTSHE adalah energi dari matahari ditangkap oleh panel surya, diubah menjadi energi listrik kemudian disimpan di dalam baterai. Energi listrik di dalam baterai ini yang kemudian digunakan untuk menyalakan lampu. LTSHE dapat beroperasi maksimum hingga 60 jam. LTSHE ini sangat cocok untuk rumah pedesaan yang secara geografis sangat terisolir dan distribusi penduduknya tersebar serta sulit dijangkau jaringan PLN.


0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA