Bhakti Sosial, Wujud Rasa Syukur dan Kemanunggalan TNI-Rakyat

Bhakti Sosial, Wujud Rasa Syukur dan Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Sanggau – Bakti sosial merupakan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Kodam XII/Tpr. 

Hal tersebut disampaikan Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Achmad Supriyadi dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut di daerah terisolir Desa Bagan Asam, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu (12/12/2018).

Kegiatan Bakti Sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati 73 Tahun Hari Juang Kartika yang akan dirayakan secara serentak seluruh jajaran TNI AD pada tanggal 15 Desember 2018.

“Ini juga wujud dari bentuk kepedulian sosial TNI terhadap sesama tanpa melihat suku, agama, ras maupun golongan dalam rangka memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat khususnya kepada masyarakat di Dusun Bagan Asam dan sekitarnya,” ujar Pangdam XII/Tpr.

Mayjen TNI Ahmad Supriadi juga mengatakan, kegiatan bakti sosial bertujuan untuk meringankan beban serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah terisolir. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya pengobatan umum, pelayanan KB, khitanan massal, donor darah, pembagian paket sembako dan hiburan rakyat. 

"Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan karya bakti dengan pembukaan akses jalan sepanjang 19,8 KM yang menghubungkan Dusun Mangkup Cabe dengan Dusun Bagan Asam, dan telah selesai dikerjakan," ungkapnya

Pangdam mengharapkan pemerintah daerah dapat melanjutkan proses peningkatan jalan sehingga jalan tersebut dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat.

 Dikatakan Pangdam XII/Tpr, kebersamaan TNI dengan rakyat pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan oleh apapun dan siapapun, karena TNI berasal dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan pada suatu saat kembali menjadi rakyat.

" Hal tersebut sesuai dengan tema pelaksanaan Hari Juang Kartika Tahun 2018 kali ini, yaitu TNI AD mengabdi dan membangun bersama rakyat," tegasnya

Lebih lanjut dikatakannya, untuk menjaga kemanunggalan TNI-rakyat diperlukan peneguhan kembali semangat kebersamaan TNI dengan Rakyat. Juga menurutnya, dengan terpeliharanya keharmonisan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara maka akan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh.

“Saya minta pada warga Bagan Asam, agar momen ini dimanfaatkan untuk lebih mengenal prajurit TNI serta untuk bersilaturahmi antar sesama, sehingga tercipta suasana keakraban, kekeluargaan dan tentunya memupuk rasa kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkas Pangdam XII/Tpr.

Usai memberikan sambutan, didampingi Danrem 121/Abw, Dandim 1204/Sanggau, Bupati Sanggau dan Camat Toba, 
Pangdam XII/Tpr meninjau pelaksanaan bakti sosial pengobatan massal yang diikuti 1000 orang peserta, serta khitan massal, pelayanan KB dan donor darah yang masing-masing diikuti 100 orang pendonor. 

Selain itu, Pangdam XII/Tpr juga memberikan secara simbolis bantuan paket Sembako pada warga, melaksanakan penanaman pohon bersama Forkopimda Kab. Sanggau serta untuk berbagi kegembiraan digelar acara panggung hiburan. (Dispenad)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA