Pendampingan Penilaian Level Maturitas SPIP Bakamla oleh BPKP

Pendampingan Penilaian Level Maturitas SPIP Bakamla oleh BPKP

Jakarta, 13 Desember 2018 (Humas Bakamla RI)--- Inspektur Bakamla RI Laksma Bakamla Drs. Sarono, M.H. menerima tim dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang dipimpin Pengendali Teknis Direktorat Pengawasan Lembaga Pemerintah Bidang Hankam BPKP Luhur Depari, di Markas Komando Bakamla RI, Jalan Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Kedatangan tim BPKP tersebut untuk mendampingi pelaksanaan penilaian maturitas level Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kementerian/Lembaga di Bakamla dalam rangka meningkatkan penilaian kinerja Bakamla. 

Menurut Luhur, penilaian itu harus dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP, yang merupakan turunan dari Undang Undang Nomor I tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. Penilaian ini sendiri menurut Luhur hal yang sederhana, mencakup seluruh proses kegiatan yang melibatkan secara terintegrasi dari unsur pimpinan tertinggi sampai terendah.

Tingkatan maturitas, katanya, diperoleh melalui satu pencapaian bahwa ada pengamanan terhadap aset, ada satu pelaporan keuangan yang handal, operasional yang dijalankan organisasi efektif dan efisien serta adanya compliment with the rule atau kesesuaian dengan aturan.

Dalam kunjungan tersebut, personel Bakamla dipandu untuk menjawab seluruh pertanyaan yang tersedia di aplikasi online pengisian SPIP.

Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA