DANSESKOAL PIMPIN UPACARA PENGUKUHAN JABATAN KAPUSJIANMAR SESKOAL DAN SERAH TERIMA JABATAN DIRJIANSTRAOPS, KADEPIPTEK SERTA PENYERAHAN JABATAN KASATKES SESKOAL

DANSESKOAL PIMPIN UPACARA PENGUKUHAN JABATAN KAPUSJIANMAR SESKOAL DAN SERAH TERIMA JABATAN DIRJIANSTRAOPS, KADEPIPTEK SERTA PENYERAHAN JABATAN KASATKES SESKOAL

Seskoal, 18 Desember 2018, Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. memimpin upacara Pengukuhan jabatan Kapusjianmar Seskoal dan Serah Terima Jabatan Dirjianstraops, Kadepiptek serta penyerahan jabatan Kasatkes Seskoal yang diselenggarakan di Lobby OB. Syaaf Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (17/12).

Jabatan Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal dikukuhkan Komandan Seskoal kepada Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si (Han). Jabatan yang diserahterimakan antara lain Direktur Pengkajian Strategi Operasi (Dirjianstraops) dari Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si (Han) kepada Kolonel Laut (P) Dwi Jantarto, S.T., Jabatan Kepala Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kadepiptek) dari Kolonel Laut (E) Saptono Djuniawan, S.E., M.AP.  kepada Kolonel Laut (E) Aris Ruru Pululungan, S.T. dan penyerahan jabatan Kasatkes Seskoal dari Letkol Laut (K) dr. Isdiyanto Septiadi, Sp.U., kepada Komandan Seskoal.

Dalam amanatnya, Danseskoal mengatakan, bahwa pergantian jabatan dalam suatu organisasi pada hakikatnya merupakan satu mata rantai pembinaan personel dalam rangka mendinamisasikan organisasi di Seskoal secara keseluruhan. Dinamisasi itu bertujuan agar organisasi senantiasa responsive, antisipatif serta adaptif terhadap setiap perubahan kondisi lingkungan strategis yang terjadi. Dengan demikian, pergantian jabatan seperti ini bukan hanya sekedar bermakna procedural pergantian personel semata, tetapi lebih bermakna substansial, yaitu suatu proses kesinambungan pembinaan satuan dalam konteks pembagunan Seskoal yang merupakan lembaga pendidikan tertinggi di TNI Angkatan Laut.

Dikatakan lebih lanjut, jabatan Dirjianstraops memiliki peran yang strategis, diantaranya adalah sebagai unsur pembantu pimpinan yang bertugas merencanakan, mengarahkan, dan membina kegiatan-kegiatan pengkajian strategik dan operasi serta penelitian lanjut, baik yang diprogramkan seskoal maupun mabesal. Jabatan Kapusjianmar memiliki peran  yang strategis diantaranya bertugas merencanakan, menyusun, menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pengkajian dan penelitian kebijakan serta doktrin pertahanan negara di laut dan keamanan maritim. Sedangkan jabatan Kadepiptek Seskoal, sebagai unsur pelaksana dalam penyelenggaraan pengajaran di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu bertugas untuk menyusun program kerja, menyiapkan dan melaksanakan test kemampuan, paket latihan dan aplikasi, menyelenggarakan program pengajaran dalam bidang studi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi TNI Angkatan Laut baik pada program pendidikan reguler, maupun program pendidikan lainnya di lingkungan Seskoal.

Kegiatan ini dihadiri Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI TSNB. Hutabarat, M.MS. dan para pejabat utama Seskoal, serta undangan lainnya.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA