WARGA KOMPLEK TNI AL GRAHA JALA YUDHA CIANGSANA, BOGOR LAUNCHING BANK SAMPAH CINTA

WARGA KOMPLEK TNI AL GRAHA JALA YUDHA CIANGSANA, BOGOR LAUNCHING BANK SAMPAH CINTA

Jakarta, 23 Desember 2018 — Warga Komplek TNI AL Graha Jala Yudha Ciangsana melaunching Bank Sampah Cinta yang dilaksanakan di Lapangan RW 21 Komplek TNI AL Graha Jala Yudha Ciangsana, Minggu (23/12).

Bank Sampah Cinta Komplek TNI AL Graha Jala Yudha Ciangsana merupakan yang pertama kali di wilayah Desa Ciangsana dan akan dilaksanakan penimbangan sampah selama dua kali dalam sebulan pada pukul 09.00 s.d. 11.00 WIB. Setiap penjualan sampah akan dicatat dalam buku tabungan sampah dan buku tabungan tersebut dapat diambil kapan saja berupa uang tunai atau disimpan untuk tabungan naik Haji/Umroh.

Kegiatan yang diawali dengan olahraga senam dan dilanjutkan dengan peresmian bank sampah “Cinta” diikuti sekitar ratusan warga dengan mengusung tema “Bersih Lingkunganku, sejahtera keluargaku”.

Ketua RW 21 Komplek TNI AL Graha Jala Yudha Ciangsana Kolonel Laut (T) Heri Suyanto yang juga sekaligus Penasehat Bank Sampah Cinta (Ciangsana Indah Tertata) mengatakan tujuan dibangunnya bank sampah sebenarnya bukan bank sampah itu sendiri. Melainkan Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Jadi, bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) sehingga manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat, katanya.

“Sampah selalu identik dengan bau, jijik, dan kotor, tetapi tidak dengan warga Komplek TNI AL Graha Jala Yudha Ciangsana karena dengan menjaga kebersihan lingkungan, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran dalam mengelola sampah yang baik, ramah lingkungan dan menjadi lebih bernilai sesuai dengan visi dan misi pemerintah yaitu Indonesia Bebas Sampah di tahun 2020. Diharapkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan akan meningkat dan dengan adanya bank sampah membawa berkah bagi warga,”  ungkapnya.

Peresmian Bank Sampah Cinta ditandai dengan pengguntingan pita serta pemberian buku nasabah sampah sebagai awal pengelolaan sampah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Engkar Sekretaris Desa Ciangsana, Kolonel Laut (K) Drs H. Arsyadi, Apt., M.Si selaku Pembimbing Bank Sampah Cinta, Kolonel Laut (KH) Drs. Paseh Mawardi selaku Pembina KJS Ciangsana, Letkol Laut (KH) Ir. Rizal Bendahara, Bapak Achmad Fathony S.T, Penanggung Jawab Bank Sampah Cinta, Ibu Enny Musfiroh Setyarini, S.T. Pembina Bank Sampah Cinta dan Ibu Tutik Lestari Ketua Bank Sampah Cinta, motivator bank sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Ibu Betty Satgas Lingkungan Hidup Kecamatan Gunung Putri Bogor, Ibu Isbudi Pembina Komunitas bank Sampah Harum Asri,  Bapak Udin pengelola sampah yang telah sukses dan juga Badan Perwakilan Desa Ciangsana.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA