Antisipasi Serangan Hama, Babinsa Gantiwarno Pantau Lahan Petani

Antisipasi Serangan Hama, Babinsa Gantiwarno Pantau Lahan Petani

Kodim Klaten - Antisipasi Serangan Hama, Babinsa Gantiwarno Pantau Lahan Petani
Babinsa Koramil 10/Gantiwarno Sertu Warsidi melakukan pemantauan kemungkinan sawah petani terserang hama di Desa Gentan Kecamatan Gantiwarno, Kamis (21/02/19). Babinsa melakukan pemantauan kemungkinan sawah petani terserang hama.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Gantiwarno melakukan pengecekan kondisi tanaman padi yang kemungkinan terserang hama di areal persawahan yang berada di Desa Gentan Kecamatan Gantiwarno, Pemantauan lahan pertanian rawan terserang hama tersebut dilakukan oleh Sertu Warsidi, Poktan Dadirejo dan Ppl Kecamatan Gantiwarno.

Menurut Warsidi, pengecekan terhadap tanaman padi merupakan proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Pengecekan hama ini dapat mengurangi persaingan antara gulma dengan tanaman padi dalam hal kebutuhan sinar matahari. "Dengan memutus perputaran hidup gulma atau hama tikus, maka dapat mencegah perkembangbiakan hama penyakit tanaman dan tikus. Serta dapat mencegah munculnya tanaman gulma yang akarnya dapat mengeluarkan racun bagi akar tanaman padi," ujarnya.

hal ini harus rajin melakukan pengecekan langsung ke lapangan areal pertanian warga untuk mengetahui dampak serangan hama tersebut dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian terkait pola penanganan serangan hama padi yang bisa berimbas pada produktivitas padi menurun, berbagai upaya pendampingan ke petani dan juga harus melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh agar persoalan yang dihadapi bisa dicarikan solusi. Khususnya dalam pemberantasan hama tanaman. Selain pengecekan terhadap hama padi milik petani, pendampingan kepada petani harus dilakukan sejak proses penanaman, termasuk pada sejumlah kelompok tani. Tambahnya.

"Turunnya anggota Babinsa ke sawah dan langsung menemui para petani tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini sesuai dengan kerjasama antara TNI dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Babinsa sebagai ujung tombak TNI di masyarakat memang harus membantu mereka, salah satunya dalam hal pertanian," terang.(Pendim 0723/Klaten)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA