KEPALA STAF KOARMADA III BUKA LATIHAN PRATUGAS PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KOARMADA III TA. 2019 DI MAKO ARMADA III

KEPALA STAF KOARMADA III BUKA LATIHAN PRATUGAS PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KOARMADA III TA. 2019 DI MAKO ARMADA III

Sorong, 27 Februari 2019. Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han) mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., membuka secara resmi Latihan Pratugas Penanggulangan Bencana Alam Koarmada III TA. 2019 di lapangan Mako Armada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Sorong, Papua Barat, Yang dihadiri oleh Danguskamla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi, para Asisten Pangkoarmada III, Wadan Danlantamal XIV, para Kadis Dan Kasatker Koarmada III dan Lantamala IX serta pejabat Forkopimda Kota Sorong Rabu (27/2).

Latihan Pratugas Penanggulangan Bencana Alam Koarmada III TA. 2019 dimulai tanggal 27 Pebruari sampai dengan 5 Maret 2019 yang sebelumnya melalui beberapa tahapan latihan yaitu menerima Direktif Latihan dari Panglima TNI, Tahap Perencanaan dan Tahap Persiapan Latihan. Latihan ini mengambil Tema “Koarmada III Melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah NKRI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”. Dengan Tema tersebut maka Koarmada III sebagai Kotama Operasi TNI diharapkan mampu memberikan dukungan bantuan penanggulangan bencana alam, terutama saat tahap pelaksanaan tanggap darurat dalam mengatasi musibah bencana alam dengan membentuk Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Koarmada III dan jajarannya dengan bersinergi bersama Pemerintah Daerah dan instansi terkait.



Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kaskoarmada III, Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menyampaikan “Latihan Pratugas ini merupakan wujud dari tanggung jawab dan pengabdian kita kepada NKRI dengan melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan dalam menanggulangi atau menolong korban bencana alam. Sekaligus sebagai sarana uji terampil guna meningkatkan kualitas, kemampuan dan profesionalisme prajurit Koarmada III dalam menjalin kerja sama dan Interoperability dengan Pemerintah Daerah atau instansi samping untuk menghadapi dan menanggulangi bencana alam yang timbul pada kondisi yang sebenarnya. 

Fokus dari latihan pratugas ini adalah untuk mewujudkan empat sasaran penting yaitu:
1. Terwujudnya pengetahuan dan keterampilan para peserta latihan dalam melaksanakan tugas OMSP untuk memberikan dukungan bantuan dan tanggap darurat dalam penanggulangan musibah bencana alam dengan mampu membentuk Pasukan Reaksi Cepat penanggulangan bencana Koarmada III yang bersinergi bersama pemerintah daerah dan instansi terkait.

2. Terbentuknya kerja sama yang baik antar peserta latihan dalam pelaksanaan tugas operasi demi terwujudnya sinergitas dan Interoperability guna menghadapi keadaan yang sebenarnya.
3. Memahami serta mampu mengimplementasikan Standar Operasional Prosedur (SOP) keamanan dalam memberikan dukungan bantuan kemanusian untuk penanggulangan bencana alam.
4. Terlaksananya Latihan Pratugas Penanggulangan Bencana Alam TA.2019 secara profesional serta mengedepankan kerjasama yang solid.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA