KOARMADA III BERSINERGI UNIMUDA SORONG MEREKATKAN KEBERAGAMAN

KOARMADA III BERSINERGI UNIMUDA SORONG MEREKATKAN KEBERAGAMAN

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menerima kunjungan kerja Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., di Markas Panglima Mako Koarmada III, Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (3/7). Pangkoarmada III didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) dan para Asisten Pangkoarmada III. Sedangkan Rektor Unimuda Sorong didampingi Wakil Rektor Doni Sudibyo, M.Pd., sejumlah Civitas Akademika Unimuda lainnya. 

Pangkoarmada III menjelaskan bahwa berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 12 tahun 2018 telah dibentuk sejumlah satuan baru TNI di wilayah timur Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Divisi-3 Kostrad, Komando Armada III, Koopsau III, dan Pasmar 3 yang diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., tanggal 11 Mei 2018 di lapangan upacara Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1, Kota Sorong, Papua Barat. “Teristimewa melantik Laksamana Muda TNI Ariawan, S.E., M.M., sebagai Panglima Koarmada III yang pertama. Dengan demikian, Koarmada III masih relatif baru tetapi dapat melaksanakan tugas-tugas dengan baik” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada III juga menjelaskan secara umum tentang TNI Angkatan Laut. Selain motto Jalesveva Jayamahe (Justru di Laut Kita Jaya) dan Ghora Vira Madya Jala (Perkasa di Tengah Samudera), Koarmada III juga punya tagline Merekatkan Keberagaman Dalam Kebersamaan. Tagline tersebut yang artinya bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki 17.504 pulau, jumlah penduduk kurang lebih 270 juta jiwa, masyarakatnya terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama, sehingga negara kita merupakan negara yang mejemuk. “Kemajemukan tersebut bukan menjadikan kita dalam bentuk golongan-golongan, melainkan justru menjadi satu media dalam kebersamaan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya  

Pada kesempatan ini, Pangkoarmada III menyampaikan bahwa sejumlah prajurit Koarmada III yang bertugas di Sorong berminat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan melalui jenjang pendidikan atau kuliah di perguruan tinggi baik Sarjana Lengkap, Magister, bahkan tingkat Doktoral, ujarnya dengan nada yang bersahaja.

Sementara itu, Rektor Unimuda Sorong menyampaikan terimakasih atas penerimaan Pangkoarmada III bersama jajaran yang sangat bersahabat serta mengungkapkan kebahagiaan dan apresiasi terhadap Koarmada III yang telah memberikan kesejukan, kedamaian dan senantiasa menjaga kondusifitas di Papua Barat, termasuk di Kota Sorong, antara lain merekatkan keberagaman. “Bertemu Bapak Panglima Koarmada III sangat inspiratif, dan banyak hal yang bisa disinergikan antara Unimuda Sorong dengan Koarmada III” tegasnya. 
Berkaitan dengan minat prajurit Koarmada III akan melanjutkan kuliah, Dr. Rustamadji, M.Si., mengatakan Unimuda Sorong sangat terbuka untuk prajurit Koarmada III yang akan melanjutkan kuliah. “Jadwal kuliah akan kami sesuaikan dengan tugas-tugasnya sebagai prajurit Koarmada III,” katanya. Dikatakan bahwa Unimuda merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Papua Barat dan Papua.

Unimuda berdiri pada tahun 2004, di usianya yang tergolong muda, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong yang kini beralih menjadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Unimuda) pada tahun 2017 dinobatkan oleh Kemenristek Dikti sebagai perguruan tinggi terbaik di Papua dan Papua Barat dari 65 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Saat ini, Unimuda Sorong memiliki 16 Program Studi yang terdiri atas Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan PKn, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi/komputer, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Farmasi, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Peternakan, Agribisnis, Aquakultur, dan Hukum. Selain itu, Unimuda Sorong juga menyelenggarakan 2 program profesi yaitu Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan Bersubsidi dan Pendidikan Profesi Guru Daerah 3T yang terdiri atas pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Di Indonesia sendiri, hanya ada 8 Universitas yang ditunjuk secara khusus oleh Kemenristek Dikti untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru Daerah 3T, salah satunya Unimuda Sorong untuk kawasan Timur yang meliputi Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara, jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA