Ahok Hadiri Pelantikan Persatuan Guru Madrasah Indonesia

Bertempat di Gedung Tennis Indoor Senayan Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau yang disapa Ahok menghadiri acara Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah, Persatuan Guru Madrasah Indonesia (DPW-PGMI) Provinsi DKI Jakarta Periode 2015-2020 dan Gebyar Seni Madrasah 2015, sambutan para gurupun tertuju pada orang nomor 1 di DKI Jakarta tersebut.

Disela acara Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama  Provinsi DKI Jakarta, DR. H Abdurrahman M.Ag pada wartawan menegaskan, bahwa pihaknya menyambut baik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Madrasah Indonesia, Provinsi DKI Jakarta yang baru saja dikukuhkan, dimana PGMI adalah wadah bagi guru madrasah untuk sering, tukar fikiran serta sarana perjuangan, untuk membangun dan mengembangkan profesionalisme guru madrasah, karena dengan guru yang baik dan berkualitas, maka akan menghasilkan lulusan yang berkualitas juga, tegasnya.

Saat disinggung akan kesejahteraan guru Madrasah, H Abdurrahman mengaku akan terus mendorong guru madrasah untuk melakukan sertifikasi guru, serta melengkapi persyaratan sertifikasi sebagaimana yang daitur dalam UU Sisdiknas, dimana untuk Guru baik MI, Mts maupun MA, paling tidak lulusan Sarjana (S1) dan persyaratan lain, sehingga mereka disamping memperoleh gaji fungsional, juga akan memperoleh tambahan dari Pemerintah, menyamai dengan gaji pokok PNS, saat ini Kanwil Kemenag DKI terus mendata jumlah guru yang belum tersertifikasi guru, serta akan membantu kelengkapan sebagaimana yang diminta dalam proses sertifikasi guru tersebut, sehingga kesejahteraan guru madrasah juga akan meningkat, paparnya.


Sementara dalam sambutannya, Ahok mengapresiasi guru madrasah di Jakarta, menurut Ahok, Guru Madrasah lebih baik dibanding Guru di sekolah umum. Sebab menurut Ahok, mereka tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan semata tetapi juga nilai-nilai akhlak.

“Guru-guru madrasah ini ngajarnya lebih baik, saya pikir masalah bangsa kita saat ini adalah kemunafikkan. Guru madrasah yang sering ngajarin akhlak, Jadi masih banyak guru di Indonesia yang belum betul-betul baik jadi guru, tapi guru bantu yang benar kita angkat. Gaji guru Jakarta top-top, padahal ngajarnya cuma berapa jam saja, kalau guru madrasah dari pagi sampai malam,” sebut Ahok.

Gubernur Ahok yang juga mengenakan seragam serupa dengan para guru madrasah menambahkan, bahwa pemerintah Khususnya Pemerintah daerah DKI Jakarta berterimakasih kepada madrasah. “Pemerintah ini betul-betul berterima kasih sama madrasah, apalagi Jakarta. Orang yang gajinya pas-pasan, enggak mampu, pasti menyekolahkan anak-anaknya di madrasah,” katanya,

Gaji yang diberikan kepada guru madrasah berasal dari pembayaran SPP murid-muridnya. Oleh karena itu, Basuki menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan DKI agar tidak ada lagi murid madrasah yang tidak menerima KJP.

“Jadi bapak dan ibu perhatikan murid-murid yang enggak mampu untuk didaftarkan menerima KJP. Nanti anak-anak bayar sekolah dan itu menjadi gaji bapak dan ibu, dan akan memperbaiki gaji,” kata Basuki.

 Basuki juga menjanjikan pemberian fasilitas transportasi massal secara gratis serta Ia juga mengimbau guru madrasah untuk berdagang di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) agar bisa memperbaiki kesejahteraan.

Menanggapi masalah perijinan pembangunan sekolah Madrasah, Ahok juga mengaku telah memberikan kelonggaran pada pengelolan pendidikan Madrasah, baik MI, MTS maupun MA, kalau Kementrian Agama yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah, dan mewajibkan pembangunan MI minimal lahan 1.500 m2, dan Mts serta MA lahan minimal 2.500 m2, namum Pemda DKI akan tetap memberikan ijin meskipun lahannya kurang dari luas yang diatur Kemenag, karena pihaknya memahami bahwa lahan di Jakarta sangat mahal dan sulit mencari lahan yang luas, oleh sebab itu pihaknya telah mengeluarkan kebijakan dan meminta pada Kepala Dinas Pendidikan DKI untuk tetap mengeluarkan surat ijin dan mempermudah persyaratan lain, bagi yayasan atau lembaga pendidikan lain, yang akan mendirikan madrasah, tegas Ahok.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA