Pangarmabar Pimpin Sertijab Empat Komandan Satuan Kapal Jajaran Koarmabar

Pangarmabar Pimpin Sertijab Empat Komandan Satuan Kapal Jajaran Koarmabar

Jakarta, 29 April
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., memimpin upacara serah terima jabatan empat Komandan Satuan Kapal jajaran Koarmabar di Gedung O.B. Syaaf, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya No.67, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4).

Adapun jabatan yang diserahterimakan yakni Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmabar (Dansatfibarmabar) dari Kolonel Laut (P) Ganda Permana, S.T., M.M., kepada Kolonel Laut (P) Heri Widodo, Komandan Satuan Kapal Cepat Koarmabar (Dansatkatarmabar) dari Kolonel Laut (P) Sawa, S.E., M.M., kepada Kolonel Laut (P) I Gung Putu Alit Jaya serta penyerahan jabatan Komandan Satuan Kapal Ranjau Koarmabar (Dansatranarmabar) dari Kolonel Laut (P) Friche Flack kepada Pangarmabar dan Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmabar (Dansatbanarmabar) dari Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito, S.E., M.M., kepada Pangarmabar.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., dalam amanatnya mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan proses regenerasi yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan, serta memperkaya pengalaman bagi perwira, sehingga diharapkan mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional demi kemajuan organisasi.

Lebih lanjut Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., mengatakan, jabatan yang diserahterimakan merupakan jabatan di Komando Pelaksana Pembinaan di lingkungan Koarmabar. Satfib Koarmabar selaku pelaksana pembinaan bertugas melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsurnya dalam peperangan amfibi, sistem muat taktis dan administrasi. Satkat melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemam[puan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang peperangan anti kapal permukaan dan anti serangan udara.

Sedangkan Satran melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemam[puan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang peperangan ranjau dan anti serangan udara. Satban melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemam[puan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang pembekalan di laut serta bantuan logistik mobil. Semua pembinaan yang dilaksanakan satuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur unsur-unsur Koarmabar.

Selanjutnya Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., mengatakan bahwa ujung tombak Koarmabar dalam menjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di laut yurikdiksi nasional berada pada unsur KRI. Kebijakan pemimpin TNI terhadap minimum esential force melalui pengadaan dan penghapusan unsur KRI berdampak pada kesiapsiagaan unsur operasi Koarmabar. Dengan kondisi tersebut, apa yang menjadi tugas Koarmabar dalam melaksanakan tugas pokok TNI Angkatan Laut harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

Melalui operasi dan latihan yang digelar jajaran Koarmabar dengan tepat, Pangarmabar yakin apa yang menjadi harapan pemimpin dalam menjaga stabilitas keamanan nasional maupun regional khususnya di perairan wilayah barat Indonesia dan dengan dilandasi profesionalisme serta militansi prajurit tujuan tersebut akan tercapai.

Mengakhiri amanatnya Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., menyampaikan beberapa atensi dan harapan antara lain; Bina serta pimpinlah satuan dengan baik dengan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Tri Sila TNI Angkatan Laut; Laksanakan pembinaan dan pelatihan secara bertingkat berlanjut terhadap personel dalam mempertahankan serta meningkatkan profesionalisme, mental dan jasmani sebagai prajurit matra laut yang handal; Tingkatkan jam komandan sebagai bagian dari konsolidasi prajurit dalam menyampaikan dan menciptakan ide-ide atau gagasan baru yang kreatif dan inovatif untuk kemajuan satuan dan Koarmabar; Laksanakan check and recheck terhadap semua kegiatan jajaran dengan berpedoman pada standart operating procedure untuk mewujudkan zero accident; Perhatikan kebersihan lingkungan agar tecipta lingkungan kerja yang sehat dan ketertiban lingkungan kerja mulai dari administrasi jurnal buku maupun dokumen lainnya untuk mendukung kelancaran tugas dan pertanggungjawaban dinas.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., serta para Pejabat Utama Koarmabar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA