Presiden Jokowi Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Presiden Jokowi Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kupang di Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pembangkit listrik bertenaga sinar matahari tersebut memiliki kapasitas 5 Mega Watt (MW).

Presiden menyampaikan bahwa PLTS 5 MW ini merupakan PLTS terbesar di Indonesia yang pernah dibangun. “Ini yang pertama bisa dikerjakan dalam 9 bulan. Bauran energi, kombinasi seperti ini ramah lingkungan,” kata Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah berkeinginan untuk memperbesar penggunaan energi baru terbarukan (EBT), meski harga per kwh relatif mahal, baik tenaga surya maupun tenaga hydro. “Ini jatuhnya kira-kira USD 22 sen/kwh, kalau yang batubara hanya USD 5-6 sen/kwh,” kata Presiden Joko Widodo.

PLTS seperti ini, nantinya akan dikembangkan terutama di pulau-pulau yang sulit terjangkau oleh pembangkit listrik batubara. “Nanti larinya ke PLTS,” ucap Presiden

Dalam pemikiran Presiden, PLTS yang dibangun sebaiknya lebih besar atau sama seperti ini. “Tapi memang lebih bagus kalau mengerjakan yang besar, jadi ongkos perawatan jelas dan manajemen juga bisa dihitung,” ucap Presiden.

Saat ditanya wartawan, apakah peresmian PLTS ini merupakan hadiah bagi Kota Kupang yang baru saja berulang tahun. Presiden menjawab bahwa PLTS itu merupakan yang pertama. Hadiah yang kedua akan datang dua-tiga bulan lagi. “Akan tiba kapal listrik kapasitas 60 MW,” ucap Presiden.(Pry).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA