Dansatrol Lantamal XII Pontianak Membuka Latihan Operasi Matra Laut Tahun 2019

Dansatrol Lantamal XII Pontianak Membuka Latihan Operasi Matra Laut Tahun 2019

Pontianak, 27 Maret 2019,-- Komandan Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Dansatrol Lantamal) XII membuka Latihan Operasi Matra Laut Satrol Lantamal XII dengan tema “Melalui Latihan Operasi Matra Laut Koarmada I Tahun 2019 Kita Mantapkan Kesiapan dan Kesiagaan Operasional Koarmada I Guna Mendukung Pencapaian Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Pokok“ bertempat di Dermaga Satrol Lantamal XII Pontianak, Jalan Kom Yos. Sudarso No.1 Pontianak, Kalbar, Senin (25/3).

Dalam amanatnya, Dansatrol Lantamal XII Pontianak menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut mempunyai tugas pokok membina kemampuan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), membina potensi nasional menjadi kekuatan Hankamneg di bidang maritim, melaksanakan Operasi Laut sehari-hari dan melaksanakan operasi tempur laut untuk pengendalian laut serta proyeksi kekuatan ke darat lewat laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut. Dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok tersebut, diperlukan tingkat kesiapan operasional yang ditopang dengan tingkat profesionalisme yang memadai dalam mendukung kesiapan dan kesiagaan operasi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kemampuan, keterampilan, pemahaman dan profesionalisme prajurit, Satuan Kapal Patroli Lantamal XII akan melaksanakan latihan operasi matra laut yang melibatkan Personel F1QR, KRI, KAL, Patkamla, Posal dan Posmat. Latihan Operasi Matra Laut Tahun 2019 ini akan dilaksanakan selama lima hari, meliputi materi darat yaitu menembak laras panjang dan laras pendek, rappeling, panjat tali, pengetahuan membaca peta, pengetahuan intelijen dan pengetahuan hukum laut sedangkan untuk materi laut yaitu renang laut militer, sea survival. selam dasar dan ship boarding.

“Pada kesempatan ini, diinstruksikan kepada seluruh Prajurit Jajaran Satrol Lantamal XII untuk melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan maksimal disertai sikap disiplin sebagai seorang prajurit, sehingga tercapai kesiapsiagaan operasi dalam pelaksanaan tugas pokok Satrol Lantamal XII. Laksanakan latihan sebaik-baiknya, perhatikan prosedur dan mekanisme latihan serta utamakan keamanan dan keselamatan baik personel. materi, dalam rangka Zero Accident”, tegas Dansatrol Lantamal XII Pontianak.

Dansatrol Lantamal XII menambahkan agar para peserta mengikuti pelatihan Kamla ini dengan mencermati yang disampaikan nara sumber agar dapat diterapkan dalam penugasan di wilayah Posal/Posmat, dengan harapan ke depan lebih ditingkatkan dalam capaian Opskamla dan jalin kerjasama yang baik dengan instansi terkait.

Latihan ini diikuti sebanyak 70 orang dari KRI, KAL, Patkamla, Posal dan Posmat dengan pendukung sebanyak 10 orang dari Diskes, Sintel, Denma dan Staf Satrol Lantamal XII Pontianak berlangsung dari tanggal 25 sampai dengan 29 Maret 2019.

Setelah Upacara Pembukaan Latihan Operasi Matra Laut Satrol Lantamal XII kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan fisik lari dengan menggunakan senjata dilanjutkan, teori Medivac oleh Lettu Gandhi dari Diskes Lantamal XII Pontianak, teori Pengetahuan Intelijen oleh Kapten Taufik dari Sintel Lantamal XII Pontianak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA