PASIS DIKREG SESKOAL TERIMA ILMU PENULISAN JURNAL & PLAGIARISME

PASIS DIKREG SESKOAL TERIMA ILMU PENULISAN JURNAL & PLAGIARISME

Seskoal, 20 Maret 2019, Sebanyak 150 Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 TP.2019, menerima ilmu tentang Penulisan Jurnal & Plagiarisme yang disampaikan Lektor Universitas Indonesia Dr. Fuad Gani S.S., M.A, Selasa (19/03) di Kelas A Gedung R.E. Martadinata, Seskoal Cipulir Jakarta Selatan.

Pada kuliah kali ini selain Dr. Fuad Gani S.S., M.A  juga didampingi oleh narasumber lain yaitu Dra. Kalarensi Naibaho, M. Hum dan Fakhri Mubin Asyraf, S. Hum. dari Universitas Indonesia. Pasis sengaja diberikan ilmu tentang  penulisan jurnal karena diharapkan pada akhir pendidikan, para PASIS mampu menulis di Jurnal Nasional dan Internasional dan Plagiarisme dengan maksud untuk mencegah terjadinya tindakan mencuri ide atau pikiran yang telah dituangkan dalam bentuk tertulis dan/atau tulisan orang lain yang digunakan dalam tulisannya, seolah-olah ide atau tulisan orang lain tersebut adalah ide, pikiran, dan/atau tulisan sendiri sehingga merugikan orang lain baik material maupun non material.

Dr. Fuad Gani S.S., M.A lulusan S3 dari Universitas Indonesia tahun 2018, menyampaikan kepada para Pasis agar dapat menyelesaikan tugas belajarnya dengan baik dan dapat menyelesaikan tesisnya sesuai dengan judul yang diambil dari awal. Namun demikian dalam pembuatan karya ilmiah janganlah meng copy-paste milik orang lain karena itu tidak baik. Dengan rajin membaca dan melakukan berbagai analisis serta memahami masalah yang ada, maka hasilnya akan lebih baik daripada menjadi plagiat.

Disela-sela mengajarnya Dr. Fuad Gani juga memberikan tips untuk mencegah menjadi Plagiat antara lain dengan rajin mencatat pemikiran, ide, kutipan, fakta yang penting bukan keseluruhan frase, ringkas informasi dengan kata-kata sendiri, memastikan menyampaikan informasi secara utuh, menuliskan nomor halaman dimana anda mendapatkan informasi tersebut bila ragu kutip sumber aslinya, Dr. Fuad Gani juga memperkenalkan alat pencegahan plagiarisme "Turnitin dan iThenticate", dan tuliskan tentang “siapa”, “apa”, “dimana”, “Kapan”, “mengapa”, dan “Bagaimana”.

Pembekalan dihadiri oleh Patun dosen Seskoal dan Letkol Laut (KH/W) Infra dari Disdikal sebagai Supervisi.Pembekalan tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA