Diskes Lantamal III dan Puskesmas Pademangan Sosialisasi Tuberkulosis

Diskes Lantamal III dan Puskesmas Pademangan Sosialisasi Tuberkulosis

Jakarta, 27 Maret 2019,-- Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Diskes Lantamal) III Jakarta bekerjasama dengan Puskesmas Pademangan Barat I laksanakan Sosialisasi Tuberkulosis (TB) kepada seluruh Prajurit dan PNS Mako Lantamal III bertempat di Ruang Serbaguna Mako Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 02 Ancol Jakarta Utara, Senin  (25/03).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal III Kolonel Laut (K) Drg.Tavip Budi S., Sp,.BM., dalam sambutannya mengatakan, tuberkulosis adalah penyakit saluran nafas yang disebabkan oleh Mycobacterium, yang berkembang biak didalam bagian tubuh manusia, dimana terdapat banyak aliran darah dan oksigen. Selain itu, bakteri ini biasanya menyebar melewati pembuluh darah dan kelenjar getah bening, tetapi secara utama menyerang paru-paru, dan bakteri TBC membunuh jaringan dari organ yang terinfeksi sehingga penyakit ini menjadi kondisi yang mengancam nyawa jika tidak dilakukan terapi.

Sementara itu, Wakil Komandan Lantamal III Kolonel Laut (P) I Made Wira Hadi A.W. menyampaikan agar seluruh Prajurit dan PNS menjaga kesehatan baik untuk diri sendiri maupun keluarga, wajib menjalankan urikes dan kesegaran jasmani, gunakan fasilitas Balai Pengobatan yang ada di komplek perumahan, gunakan fasilitas BPJS yang ada, dan jangan lupa pola makan yang sehat dan terkontrol.

Selaku nara sumber Lettu Laut (K) Dr. Cin Yong Kepala Balai Pengobatan Lantamal III menjelaskan bagaimana penularan TB (Tuberkulosis) melalui percikan dahak pada saat penderita batuk, bersin atau berbicara dan menjelaskan gejala-gejala Tuberkolusis diantaranya batuk berdahak maupun tidak berdahak, demam meriang yang berkepanjangan, sesak nafas dan nyeri dada, berkeringat tanpa sebab terutama pada sore atau malam hari, badan lemas nafsu makan berkurang dan berat badan turun.

Pengobatan Tuberkolusis selama 6-8 bulan yang terbagi 2 tahap, tahap awal  obat diminum setiap hari tanpa putus selama 2 atau 3 bulan apabila putus maka harus mengulang kembali dari awal, tahap ke dua obat diminum 3 kali seminggu selama 4 atau 5 bulan.

Cara pencegahan Tuberkolusis dengan cara perilaku hidup bersih dan sehat, makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membuka jendela agar cukup sinar matahari dan udara segar, menjemur alas tidur agar tidak lembab dan laksanakan olahraga yang teratur.

Acara diakhiri dengan pengambilan sampel TBC kepada 96 personel yang dilaksanakan oleh Puskesmas Pademangan Barat I yang diketuai oleh Dr. Teti dengan delapan anggota staf Puskesmas yang sebelum pelaksanaan pengambilan sampel juga memberikan ceramah tentang penyakit Tuberkolusis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA