PANGLIMA KOARMADA III MENINJAU LATIHAN TAKTIS PENANGGULANGAN BENCANA DI MAKO KOARMADA III

PANGLIMA KOARMADA III MENINJAU LATIHAN TAKTIS PENANGGULANGAN BENCANA DI MAKO KOARMADA III

Sorong, 01 Maret 2019. Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., meninjau Latihan Taktis Penanggulangan Bencana Alam yang diselenggarakan di Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (01/03).

Pada saat peninjauan, Panglima Koarmada III didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) dan para Asisten Pangkoarnada III serta sejumlah pejabat Koarmada III.

Pangkoarmada III dalam kesempatan tersebut juga memberikan arahan kepada para pelaku latihan antara lain menekankan bahwa Indonesia termasuk dalam daerah Ring Of Fire Pasifik yang membentang mulai dari barat Sumatera, selatan Jawa hingga Selat Makasar. Dari kondisi tersebut, Indonesia sangat rawan terhadap berbagai macam bencana alam. Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam serta melatih profesionalisme prajurit TNI/ Polri maupun stake holders di daerah, maka Koarmada III menyekenggarakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang melibatkan Koarmada III, Lantamal XIV, Kodim 1804 Sorong, Polres Sorong, BPBD, PMI, Basarnas Sorong, Dinas Sosial Sorong serta masyarakat Kelurahan Saoka kota Sorong.



Dalam pengarahannya, Pangkoarmada III menekankan tentang keseriusan dan kedisiplinan dalam latihan, utamakan keselamatan dan selalu mengawali latihan dengan doa. 

Dalam latihan taktis pagi ini dipraktekkan cara menolong korban di tengah laut dengan menggunakan tandu apung dan perahu karet, cara meonolong korban yang tertimbun di dalam bangunan. 

Selasai latihan taktis dilanjutkan dengan Tactical Floor Game (TFG) untuk persiapan pelaksanaan latihan lapangan yang rencananya akan dilaksanakan di pantai Saoka Sorong Papua Barat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA