KAPAL PERANG TNI AL TERUS MENJADI TUJUAN WISATA EDUKASI

KAPAL PERANG TNI AL TERUS MENJADI TUJUAN WISATA EDUKASI


Keberadaan Kapal perang sudah menjadi simbol eksistensi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), kini menjadi salah satu tujuan wisata edukasi bagi sekolah-sekolah, baik Taman kanak-kanak (TKI), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Menengah Atas. dengan Kamis pagi (13/4) SD Maria Fransiska berkunjung ke Kapal Republik Indonesia (KRI) KRI Banda Aceh 593 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut).
SD Maria Fransiska yang datang dengan 73 orang siswa ini, sengaja datang untuk melihat KRI TNI AL (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut) yang berada di dermaga Kolinlamil Tanjung Priok. dengan tujuan untuk mengenalkan mereka tentang kapal perang yang dimiliki negara kita.

Selain juga pengenalan kapal tersebut, untuk memberikan wawasan kebaharian dan kemaritiman bagi para siswa-siswi bahwa nenek moyang kita adalah pelaut yang mampu menjelajah lautan sampai ke luar wilayah nusantara.
Rombongan SD Maria Fransiska mengaku senang dengan kunjungannya ke Kapal perang ini, dan kapal yang dikunjunginya seperti dalam film. Aku senang bisa naik kapal, kapalnya besar seperti difilm, kata Intan dengan lugu.

Sementara itu Kepala SD Maria Fransiska yang memimpin langsung rombonga SD tersebut menjelaskan, kunjungan sekolahnya ke kapal perang merupakan bagian dari kurikulum yang telah disusun dalam rencana kegiatan belajar siswa. Kegiatan ini sudah menjadi bagian dari kurikulum sekolah yaitu wisata edukasi, terang Drs. Agustinus.
Untuk tingkat anak-anak play group dan TK maupun sekolah lanjutan, pada umumnya kegiatan kunjungan ke kapal perang Kolinlamil ini dimaksudkan sebagai salah satu program field trip ke tempat-tempat yang bernilai sejarah dan mengandung nilai edukasi.
Namun ada juga yang sekedar berwisata untuk mengisi pelajaran atau liburan sekolah dengan naik kapal perang untuk menambah wawasan pengetahuan kemaritiman.(Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA