Koarmabar Laksanakan Latihan Operasi Matra Laut Bidang Kesehatan

Koarmabar Laksanakan Latihan Operasi Matra Laut Bidang Kesehatan

Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melaksanakan Latihan Operasi Matra Laut Bidang Kesehatan Triwulan I tahun 2017. Latihan yang diselenggarakan selama lima hari dari tanggal 10 hingga 17 April 2017 tersebut diikuti 25 peserta non kesehatan dari personel unsur-unsur KRI jajaran Koarmabar.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Koarmabar (Kadiskesarmabar) Kolonel Laut (K) dr. Dwi Adang Iskandar, S.P., B., bahwa Latihan Operasi Matra Laut Bidang Kesehatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan kemampuan personel KRI secara perorangan dalam merespon tanggap dan kegawatdaruratan medis yang terjadi selama penugasan di KRI yang sifatnya jauh dari fasilitas kesehatan, sehingga dapat menolong dirinya sendiri dan orang lain.

Lebih lanjut, Kadiskesarmabar mengatakan bahwa sasaran dari latihan ini adalah untuk mewujudkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan personel KRI tentang P3K dalam rangka pelaksanaan dukungan kesehatan operasional di Koarmabar. Selain itu juga, untuk menanggulangi kejadian kegawatdaruratan medis di KRI selama penugasan yang sifatnya jauh dari fasilitas kesehatan, sehingga dapat menolong dirinya sendiri maupun personel yang lain, guna mengurangi resiko kematian, kecacatan dan mempermudah pelayanan medis lebih lanjut.

Dalam latihan yang dilaksanakan di Diskes Koarmabar tersebut, para peserta diberikan materi latihan dari instruktur,  antara lain tentang pengetahuan tanda-tanda vital, pengetahuan dasar P3K, pengetahuan obat-obatan, pengetahuan hygiene dan sanitasi kapal, pengetahuan dasar evakuasi medis serta melaksanakan praktek evakuasi.(Nk).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA