Peduli Pengguna Laut, Lanal Dabo Singkep Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran Se-Kabupaten Lingga

Peduli Pengguna Laut, Lanal Dabo Singkep Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran Se-Kabupaten Lingga

Jakarta, 11 Desember 2018, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Laut Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga melaksanakan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut bertempat di Gedung Pertemuan Desa Penuba, Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Senin (10/12). 

Wujud kepedulian Lanal Dabo Singkep yang wilayah kerjanya meliputi seluruh Kabupaten Lingga yang berupa kepulauan sehingga banyak aktifitas yang dikerjakan di dan lewat laut. Para pengguna laut tradisional banyak yang belum memahami tentang pentingnya keselamatan berlayar. Sebagai salah satu implementasi Tugas Pokok Lanal Dabo Singkep dalam Pembinaan Potensi Maritim melalui Komunikasi Sosial, oleh karena itu TNI AL melalui Lanal Dabo Singkep mengadakan Komunikasi Sosial kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut.

Tujuan dari pelaksanaan Sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para masyarakat pengguna laut akan pentingnya keselamatan pelayaran serta kelengkapan dokumen kapal agar para pengguna laut tersebut merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan pelayaran. 

Harapan dari terselenggaranya acara sosialisasi ini diharapkan dapat menimbulkan kesadaran dan pemahaman masyarakat pengguna laut di wilayah kerja Lanal Dabo Singkep tentang pentingnya keselamatan berlayar. Terlaksananya acara ini merupakan salah satu Tugas Pokok Lanal Dabo Singkep dalam Pembinaan Potensi Maritim.

Sosialisasi Keselamatan Pelayaran disampaikan oleh Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M.Tr.Hanla. dan narasumber dari Dinas Perhubungan Laut Provinsi Kepri Bapak Basri Yasin dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga Bapak Ilyas. Selain sosialisasi keselamatan pelayaran tersebut, Lanal Dabo Singkep juga melakukan peluncuran dan pembagian sticker Hotline Lanal Dabo Singkep serta pembagian life jacket kepada 50 nelayan Penuba dan sekitarnya.

Adapun materi yang disampaikan antara lain tentang Standart Pengawasan Keselamatan Pelayaran Kapal Nelayan yang mencakup Surat Ukur untuk Kapal GT 7 keatas, Pas Kecil untuk Kapal ukuran 1 sampai dengan 6 GT, Pas Besar untuk Kapal ukuran 7 sampai dengan 175 GT, Gross Akte Kapal, Sertifikat dan lainnya. Sementara persyaratan peralatan keselamatan yang harus tersedia di kapal yaitu baju penolong (Life Jacket), ban penolong (Lifebuoy), Kompas, Alat Pemadam, senter dan cermin, radio komunikasi, lampu navigasi, GPS dan pompa jinjing. 

Acara dihadiri oleh Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Arif Rahman, S.T., M.Tr Hanla., Camat Selayar yang diwakili Kasipam Bapak Mahadan, Pasintel Lanal Dabo Singkep Kapten Rambo Pinem, Kepala Desa Penuba Bapak Safri, Babinsa Selayar Serma Beni, Kasatairud Polres Lingga AKP Norman DG, Basri Yasin dari Kantor Unit Pelayaran Tanjunginang, Haris mewakili Sahbandar Penuba, KSOP Pelabuhan Dabo Singkep Bapak Dedi, Ketua Jalasenastri Cabang 7 Korcav IV DJA I beserta Pengurus, serta masyarakat pengguna laut Kecamatan Selayar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA