KOARMADA III LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM BESAR-BESARAN

KOARMADA III LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM BESAR-BESARAN

Sorong, 4 Maret 2019. Komando Armada III menyelenggarakan latihan operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan korban bencana alam secara besar-besaran selama satu minggu dan puncaknya di Pantai Saoka, Kelurahan Saoka, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (4/3). Latihan tersebut bersinergi dengan Pemerintah Kota Sorong, TNI dan Polri, BPBD, RSUD Sorong, SAR Sorong serta masyarakat Kelurahan Saoka. 

PanglimaKoarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., selaku Direktur Latihan bersama Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han), Komandan Guskamlah Koarmada III Laksma TNI Agus Hariyadi, dan pejabat Forkopimda Kota Sorong serta sejumlah pejabat TNI dan Polri menyaksikan secara langsung driil tempur latihan kemanusiaan tersebut. Pada latihan ini juga dilaksanakan pengobatan massal kepada masyarakat setempat serta penyerahan bantuan kemanusiaan yang disampaikan Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Niniek Ariawan.



Panglima Koarmada III mengatakan, latihan penanggulangan bencana alam ini merupakan wujud tanggungjawab dan pengabdian kita kepada NKRI dengan melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk mendukung pemerintah melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan dalam menanggulangi atau menolong korban bencana alam. Selain itu juga sebagai sarana uji terampil guna meningkatkan kualitas, kemampuan dan profesionalis meprajurit Koarmada III dalam menjalin kerjasama dan Interoperability dengan Pemerintah Daerah atau instansi terkait untuk menghadapi dan menanggulangi bencana alam yang timbul pada kondisi yang sebenarnya.

“Melalui latihan ini diharapkan tercipta sinergitas Koarmada III bersama instansi Pemerintah dan masyarakat Kota Sorong dalam melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan untuk menanggulangi atau menolong korban bencana alam, sekaligus latihan ini juga sebagai sarana uji terampil guna meningkatkan kualitas, kemampuan dan profesionalisme prajurit menjalin kerjasama unsur-unsur SSAT/ Sistem Senjata Armada Terpadu (Kapal Perang RI atau KRI, Pesawat Udara, Pasukan Marinir, dan Pangkalan) Koarmada III dengan instansi terkait dalam melaksanakan operasi bantuan kemanusiaan.

Latihan Penanggulangan Bencana Alam Koarmada III tahun 2019 dimulai tanggal 27 Pebruari sampai dengan 5 Maret 2019 yang sebelumnya melalui beberapa tahapan latihan yaitu menerima Direktif Latihan dari Panglima TNI, Tahap Perencanaan dan Tahap Persiapan Latihan. Latihan ini mengambil Tema “Koarmada III Melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah NKRI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”. Dengan Tema tersebut maka Koarmada III sebagai Kotama Operasi TNI diharapkan mampu memberikan dukungan bantuan penanggulangan bencana alam, terutama saat tahap pelaksanaan tanggap darurat dalam mengatasi musibah bencana alam dengan membentuk Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Koarmada III dan jajarannya dengan bersinergi bersama Pemerintah Daerah dan instansi terkait.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA