Pemanfaatan Lahan Tidur Untuk Kebun Sayur Ketua Daerah JALASENASTRI ARMADA III Panen Raya

Pemanfaatan Lahan Tidur Untuk Kebun Sayur Ketua Daerah JALASENASTRI ARMADA III Panen Raya

Sorong, 04 Maret 2019. Lahan tidur milik Komando Armada III seluas kurang lebih 350 meter persegi yang berlokasi di pesisir pantai Klaligi, Kota Sorong berhasil dimanfaatkan oleh Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III menjadi kebun sayur mayur yang bermanfaat baik nelayan di sekitarnya maupun anggota Koarmada III. Selain itu, kebun sayuran tersebut dikelola dengan bersih, rapih dan indah, sehingga memberikan kesan kedamaian bagi siapa saja yang memandangnya.

Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Ninik Ariawan bersama para Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III melaksanakan panen raya sayur mayur yang kedua kalinya di areal perkebunanKoarmada III, KelurahanKlagili Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papu Barat, Senin, 4 Maret 2019. Panen raya pertama dilaksanakan pada hari Jum’at 7 Desember 2018.

Areal perkebunan tersebut memanfaatkan lahan kosong/tidur yang berada di kawasan Koarmada III untuk menanam sayur mayur antara lain terong, cabe, labu kuning, tomat, kangkung, bayam, sawi dan semangka. Jalasenastri Armada III membina beberapa petani untuk mengelola perkebunan tersebut.

Hanya dalam waktu kurang lebih enam bulan, hasilnya sangat menggembirakan, bahkan setiap harinya para prajurit memetik sayur untuk konsumsi keluarga di rumah. Selain itu, para petani juga memasarkan hasilnya keberbagai pasar tradisional untuk menambah penghasilan sehari-hari.

Para petani binaan Jalasenastri Armada III memanfaatkan lahan kosong yang subur tersebut menjadi perkebunan sayur mayur. Selain itu, para petani juga mendapatkan penyuluhan secara terprogram dari Dinas Pembinaan Potensi Maritim Koarmada III. Hasil perkebunan tersebut dipanen setiap minggu dan tanamannya dapat bertahan selama satu tahun dapat meningkatkan penghasilan petani. Dengan demikian perkebunan tersebut dapat meningkatkan penghasilan petani kebun dimaksud.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA