KOLINLAMIL LAKSANAKAN UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI IBU

KOLINLAMIL LAKSANAKAN UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI IBU

Jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memperingati hari Ibu ke 88 yang dipimpin oleh Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kaskolinlamil) Laksamana Pertama TNI R. Edi Surjanto, S.E., M.M., selaku inpektur upacara dan komandan upacara Letkol Laut (KH/W) Tuti Marwati, S.H., M.TR Hanla. Jabatan sehari-hari sebagai Kasubdis Banhankum Diskum Kolinlamil, di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/12).

Upacara peringatan hari Ibu ini dilaksanakan dalam suasana cakrawala cerah, dan seluruh pejabat upacara kecuali Irup adalah dari kaum hawa (Kowal dan PNS wanita). Mereka mulai dari Komandan upacara, Komandan Kompi, Peleton, Pengerek Bendera merah putih, pembaca pembukaan UUD 45 hingga pembaca narasi sejarah peringatan Hari Ibu.

Peringatan hari ibu ini dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat indonesia terutama gerenerasi muda akan makna hari ibu sebagai hari kebangkitan, dan hari persatuan serta kesatuan perjuangan hari perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa.

Dalam sejarah singkat hari ibu tertulis semboyan hari ibu “Merdeka Melaksanakan Dharma”, yang mengandung arti bahwa tercapainya persamaan kedudukan, hak, keawajiban, dan kesempatan antara kaum perempuan dan kaum laki-laki, yang merupakan kemitraan, kesejajaran yang perlu diwujudkan dalam kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi keutuhan, kemajuan dan kedamaian bangsa indonesia.

Dalam peringatan hari ibu ini dilaksanakan dalam rangkaian upacara penaikkan bendera merah putih, pembacaan teks pancasila dan pembukaan UUD 1945, pembacaan sejarah singkat hari ibu tanpa amanat inspektur upacara.

Melihat sejarah, hari ibu yang diperingati tiap tanggal 22 Desember tersebut dideklarasikan pada tahun 1938 melalui Kongres Perempuan Indonesia Ke III di Bandung yang menyatakan bahwa tanggal 22 Desember adalah sebagai Hari Ibu. Selanjutnya dikukuhkan oleh pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor: 316 tanggal 16 Desember 1959 tentang Hari-hari Nasional yang bukan hari libur. (Nk)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA