Tingkatkan Keterampilan Prajurit, Lantamal XII Gelar Latihan SAR

Tingkatkan Keterampilan Prajurit, Lantamal XII Gelar Latihan SAR

            Jakarta, 20 September 2017, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi yang diwakili oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Joko Sumitro, S.E., membuka acara Latihan SAR bagi para Prajurit Lantamal XII Pontianak di Gedung Malahayati Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (19/9).

Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Lantamal XII Pontianak menyampaikan bahwa pelaksanaan Latihan SAR adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan unsur-unsur Lantamal XII serta mengukur kemampuan dalam tugas pencarian, penyelamatan dan pertolongan guna mengurangi atau memperkecil dampak kerugian kecelakaan di laut, baik personel maupun material. Selain itu juga untuk mengukur tingkat kemampuan personel dan unsur-unsur Lantamal XII dalam melaksanakan operasi penanggulangan kecelakaan di laut sehingga dapat di peroleh gambaran kemampuan operasional Lantamal XII mulai dari tingkat perorangan sampai satuan.

Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal XII Pontianak memberikan penekanan kepada para peserta agar menjalani latihan dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh serta menjadikan latihan ini sebagai ajang untuk meningkatkan profesionalisme khususnya di bidang SAR sesuai dengan ketentuan dan perencanaan yang telah ditentukan, agar mampu melaksanakan tugas SAR dimulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengendalian penanggulangan kecelakaan di laut sesuai tugas pokok yang menjadi tanggung jawab satuan.

Danlantamal XII Pontianak berharap, agar para peserta latihan SAR ini mampu melaksanakan semua kegiatan beserta persoalan latihan untuk dapat di lakasanakan dengan baik, sesuai dengan Standard Operasional Procedur (SOP) guna tercapainya hasil latihan yang maksimal dengan zero accident.

Latihan SAR di laut kali ini melibatkan instruktur dan pelatih dari Badan SAR Daerah Kalimantan Barat agar terjalin komunikasi dan kerja sama tentang penanggulangan bahaya kecelakaan di laut.

Turut hadir pada acara pembukaan Latihan SAR tersebut, para Asisten Danlantamal XII Pontianak, para Kadis/Kasatker jajaran Lantamal XII Pontianak dan para pelatih Basarda Kalimantan Barat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA