LAKSAMANA TNI (PURN) ADE SUPANDI LUNCURKAN BUKU KEMARITIMAN

LAKSAMANA TNI (PURN) ADE SUPANDI LUNCURKAN BUKU KEMARITIMAN

Jakarta, 18 Oktober 2018,Dua buku telah diluncurkan, yaitu Biografi yang berjudul “Kasal Kedua Dari Tanah Pasundan” dan “Fondasi Negara Maritim”, keduanya merupakan hasil karya dari Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., Mantan Kepala Staf Angkatan Laut periode 2015-2018. Acara peluncuran tersebut di hadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., bertempat di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (18/10).

Dalam sambutannya Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., mengatakan bahwa, pandangan dan pemikiran Laksamana Ade Supandi yang dituangkan dalam kedua buku ini, merefleksikan tata cara berpikir dengan tidak sekedar memberikan gagasan, akan tetapi ikut serta dalam proses dan implementasi membangun Indonesia sebagai negara maritim yang kuat.

“Untuk itu saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada beliau yang telah memberikan sumbangsih pemikiran sebagai inspirasi bagi kita semua”, ungkap Kasal.

Dua buku tersebut berjudul “Kasal Kedua dari Tanah Pasundan” dan Fondasi Negara Maritim”, pada buku pertama biografi tentang penulis dengan merekonstruksi siapa yang terjadi mulai dari saat lahir dalam pengasuhan dan bimbingan orang tua, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan kerja, hingga perjalanan hidup Laksamana (Purn) Ade Supandi menjadi Kepala Staf Angkatan Laut. Dalam buku tersebut Laksamana (Purn) Ade Supandi ingin berpesan agar menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur, mengembangkan diri dalam etika melalui kerja keras, kerja cerdas, dan senantiasa dalam jalan yang benar.

Buku kedua berjudul “Fondasi Negara Maritim” lebih mengemukakan bagaimana membangun Indonesia sebagai sebagai negara maritim yang kuat. Secara keseluruhan fondasi maritim mengarahkan pada terwujudnyaocean leadership atau kepemimpinan yang bervisi maritim untuk mencapai kebijakan maritim yang terintegrasi. Kebijakan tersebut menjadi cerminan dalam mencapai tata kelola maritim yang baik dalam bingkai negara dan peradaban maritim yang maju.

Dalam bedah buku tersebut, turut hadir sebagai moderator yaitu Tina Talisa, dan menghadirkan para panelis diantaranya Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Prof. Dr. Anhar Gonggong, Prof. Dr. Rokhmin Dahuri dan Prof. Dr. Indroyono Susilo. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Menteri Perhubungan, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Para Pejabat Mabes TNI dan Polri, Para Pejabat  Teras Mabesal, Para Mantan Kepala Staf Laksamana TNI (Purn) Laksamana TNI (Purn) Widodo AS, Laksamana TNI (Purn) Arief Kushariyadi, Laksamana TNI (Purn) Slamet Soebijanto, serta para tamu undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA