TNI AL GELAR LATIHAN OPERASI PERTAHANAN SIBER TNI AL 2018

TNI AL GELAR LATIHAN OPERASI PERTAHANAN SIBER TNI AL 2018

TNI Angkatan Laut menggelar Latihan Operasi Pertahanan Siber tahun 2018, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., bertempat di auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (29/10). Latihan ini digelar dalam rangka mengenalkan konsep peperangan masa mendatang domain kelima atau dikenal sebagai peperangan siber.

Latihan ini akan digelar selama kurang lebih 8 hari dengan melibatkan 554 personel TNI AL yang terdiri dari 156 orang pelaku latihan, 348 orang pendukung latihan termasuk ABK KRI, serta 50 personel penyelenggara latihan. Dalam pelaksanaan latihan tahun ini mengangkat tema "TNI Angkatan Laut Melaksanakan Latihan Operasi Pertahanan Siber TNI Angkatan Laut Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut.

Kasal saat membuka latihan mengatakan bahwa  Operasi Siber dalam kerangka tugas pertahanan negara di laut, bertujuan untuk menghadapi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan dalam ruang siber terhadap infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  atau Infrastruktur Informasi Kritikal (IIK) TNI Angkatan Laut.

Oleh karena itu, dalam operasi siber, disamping eksistensi infrastruktur sistem komputer dan jaringan komunikasi data, aplikasi dan tools yang ada, juga harus didukung oleh pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan personel pengawak dalam penyelenggaraan operasi siber, ungkap Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Latihan yang digelar selama satu minggu lebih ini, akan dilaksanakan dalam dua tahap, yang pertama merupakan tahap pembekalan pada 30 sampai dengan 2 November 2018, bertempat di Selasar Denma Mabesal. Selanjutnya pada 5 sampai dengan 6  November 2018 akan dilaksanakan tahap ke dua latihan, dimana akan dilaksanakan geladi lapangan di wilayah perairan Teluk Jakarta dan perairan Laut Jawa sekitar Surabaya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA