LANAL ARU SERAHKAN ABK KM MINA SEJATI KEPADA POLRES ARU

X
LANAL ARU SERAHKAN ABK KM MINA SEJATI KEPADA POLRES ARU

Sorong, 22 Agustus 2019---Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Aru Letkol Laut (P) Sahatro Silaban M.Tr.Hanla., menyerahkan 11 orang ABK KM Mina Sejati kepada Kapolres Aru yang diwakili Wakapolres Aru Kompol Asmar Sena, S.H.,M.H., di Mako Lanal Aru, Kabupaten Kep. Aru, Kamis (22/8). Adapun 2 jenazah ABK yang meninggal dunia sampai saat ini masih berada di RSUD Cenderawasih, Dobo untuk dilakukan pemeriksaan visum.

Para ABK KM Mina Sejati tersebut sebelumnya mengalami insiden perkelahian antar sesama ABK saat tengah berlayar di perairan Laut Aru pada hari Sabtu (17/8). Akibat  insiden tersebut, 13 orang ABK menyelamatkan diri terjun ke laut, 2 orang  meninggal dunia dan 11 orang dinyatakan selamat nb dan ditolong oleh KM Gemilang Samudera dan KM Terus Jaya yang berada di sekitar lokasi kejadian, sekitar perairan kepulauan Laut Aru.

Selanjutnya, para ABK KM Mina Sejati tersebut  dievakuasi pada Senin (19/8) untuk mendapat pertolongan intensif lebih lanjut. Adapun jumlah ABK yang dipindahkan ke KRI Teluk Lada-521 sebanyak 8 orang terdiri dari Nakhoda kapal serta 7 orang ABK. Sementara itu, 5 orang ABK lainnya (3 selamat dan 2 meninggal dunia) tetap dibawa ke Aru dengan KM Gemilang Samudera, dan tiba pada hari Kamis (22/8).

Sebelum mengevakuasi ABK yang selamat, anggota TNI AL telah masuk ke KM Mina Sejati yang mengalami insiden tersebut. Tim kemudian memeriksa seluruh ruangan kapal dari haluan hingga anjungan, namun tidak diketemukan ABK lain.
Kemudian, Komandan KRI Teluk Lada-521 Letkol Laut (P) Gunawan Hutauruk menyerahkan 8 ABK KM Mina Sejati kepada Danlanal Aru di Mako Lanal Aru, pada hari Selasa (20/8). Selanjutnya Lanal Aru bekerja sama dengan instansi terkait langsung melaksanakan pendataan dan pemeriksaan kesehatan, serta investigasi dan penyelidikan terhadap para ABK KM Mina Sejati.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA