PANGLIMA KOLINLAMIL HADIRI PEMBUKAAN LATGAB TNI 2019

PANGLIMA KOLINLAMIL HADIRI PEMBUKAAN LATGAB TNI 2019

Jakarta, 26 Agustus 2019 Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. menghadiri Upacara Pembukaan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2019 yang dibuka oleh Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Muhammad Herindra, M.A., M.Sc di Graha Widya Adibrata, Sesko TNI Bandung, Senin (26/8).


Kolinlamil dalam latihan gabungan tiga angkatan tersebut sebagai Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin). Pada geladi lapangan nanti, Kogasgabratmin bertugas melaksanakan operasi pendaratan administrasi pasukan Kogasratgab di Tumpuan Pantai yang telah dikuasai Kogasgabfib, guna operasi darat lanjutan dalam rangka mendukung tugas pokok Komando Gabungan TNI.

Dalam amanat Panglima TNI, yang dibacakan oleh Irjen TNI dikatakan bahwa tema yang dikedepankan pada latihan ini “Komando Gabungan (Kogab) TNI melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi, dalam rangka Menegakkan Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah, Negara Kesatuan Republik Indonesia”*. Latihan gabungan ini dilaksanakan untuk menguji kesiapsiagaan TNI yang mencakup antara lain ; doktrin, prosedur dan organisasi TNI. Oleh karena itu, seluruh satuan dan personel yang terlibat harus menguasai materi yang akan dikembangkan, mulai tahap perencanaan, gladi posko sampai dengan geladi lapangan. Oleh karena itu interoperability antar Angkatan dan Kotama Ops sangat diperlukan.

Kegiatan latihan digelar dalam dua tahap, yaitu tahap Latihan Geladi Posko I yang akan dilaksanakan di Sesko TNI Bandung mulai tanggal 26 Agustus hingga 3 September 2019, sedangkan tahap kedua dilaksanakan Manuver Lapangan (Manlap) pada medio September 2019. Adapun materi yang akan dikembangkan yakni Rencana Kampanye Militer yang dipersiapkan, Rencana Kampanye Militer pada saat krisis, E-PPKM dan Taktikal Floor Game (TFG), Berbagai Operasi Dukungan. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA