Courtesy Call Bakamla Ke Duta Besar RI Di Bangladesh

Courtesy Call Bakamla Ke Duta Besar RI Di Bangladesh

Dhaka, 11 Juli 2018 (Humas Bakamla), Direktur Kerja Sama Bakamla, Dade Ruskandar, S.H., M.H., selaku Ketua Delegasi Indonesia untuk pertemuan Working Level Meeting (WLM) of the 14th Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) melakukan Kunjungan Kehormatan kepada Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina Soemarno di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dhaka, Bangladesh, kemarin.

Kunjungan kehormatan yang dilakukan oleh Delegasi Indonesia ini merupakan rangkaian awal kegiatan Bakamla di Dhaka, Bangladesh dalam rangka mengikuti WLM of the 14th HACGAM. Pada pertemuan yang berlangsung selama satu setengah jam ini, Dade menuturkan tentang perkembangan kerja sama Coast Guard di Asia dalam kerangka HACGAM serta pelibatan aktif Indonesia pada forum tersebut. 

Disampaikan kepada Dubes RI untuk Bangladesh, bahwa Bakamla selaku Lead Country pada Pilar Capacity Building HACGAM telah menyelenggarakan Capacity Building Program dalam bentuk “Law of the Sea and Maritime Enforcement Training” secara rutin sejak tahun 2017. Program tersebut didedikasikan secara khusus oleh Bakamla untuk negara-negara anggota HACGAM dalam rangka peningkatan pemahaman regional terhadap Hukum Laut Internasional dan aplikasinya dilapangan. 

Lebih lanjut disampaikan kepada Dubes RI untuk Bangladesh, bahwa pada kesempatan pertemuan WLM of the 14th HACGAM kali ini, Indonesia akan menyampaikan beberapa proposal untuk pengembangan HACGAM yaitu mengenai Logo dan Motto HACGAM serta menyusun rencana program Capacity Building kedepan.

Menanggapi hal tersebut, Rina menyatakan apresiasinya terhadap hal-hal yang telah dilakukan Bakamla dalam rangka pelibatan Indonesia untuk peningkatan keamanan dan keselamatan laut di tingkat regional Asia selama ini, dan mengatakan sangat mendukung inisiatif-inisiatif yang akan diperjuangkan oleh Delegasi Indonesia pada pertemuan WLM of the 14th HACGAM kali ini.

Lebih lanjut, Dubes RI untuk Bangladesh mengharapkan kehadiran dan pelibatan Bakamla pada forum HACGAM akan dapat meningkatkan hubungan Indonesia di bidang keamanan dan keselamatan laut dengan negara-negara Asia yang tergabung dalam HACGAM serta secara khusus dengan Bangladesh Coast Guard dalam rangka mewujudkan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.  

Pada pelaksanaan WLM of the 14th HACGAM kali ini, Direktur Kerja Sama Bakamla didampingi Kasubdit Harmonisasi Strategi Keamanan Laut Bakamla, Kombes Pol. Tatar Nugroho, S.IK., S.H, dan Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla, Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR. Adapun negara-negara yang hadir pada kegiatan WLM of the 14th HACGAM yaitu: Australia, Bangladesh, China, Hong Kong-China, India, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Turkey dan Vietnam.


Auitentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla, Mayor Marinir Mardiono

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA