KASAL TUPDIK DAN WISUDA SARJANA 102 TARUNA AAL ANGKATAN 63 TAHUN 2018

KASAL TUPDIK DAN WISUDA SARJANA 102 TARUNA AAL ANGKATAN 63 TAHUN 2018

Surabaya, 6 Juli 2018, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., secara resmi menutup pendidikan sekaligus mewisuda Sarjana Sains Terapan Pertahanan (S.T.Han) bagi 102 calon Perwira Remaja lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-63 tahun 2018, dalam suatu upacara di Gedung Maspardi, AAL Bumimoro, Surabaya (06/07).
Upacara ini menandai berakhirnya pendidikan Taruna AAL angkatan ke-63 tahun 2018. Pada upacara ini, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., mengalungkan medali kepada para wisudawan, sedangkan Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., menyerahkan ijazah dengan Gelar S.T.Han (Sarjana Sains Terapan Pertahanan)

Tupdik dan Wisuda ini diikuti  102 Taruna AAL yang dinyatakan lulus  terdiri dari  Korps Pelaut 40 orang, Korps Teknik 17 orang, Korps Elektronika 12 orang, Korps Suplai 13 orang dan Korps Marinir 20 orang. Mereka yang mengikuti penutupan pendidikan ini adalah para taruna yang telah berhasil dididik, dilatih, dibina, diasuh dan digembleng baik fisik, mental maupun akademik selama empat tahun lamanya di kampus Bumimoro AAL.

Kasal dalam amanatnya mengatakan bahwa sebagai Perwira Remaja TNI Angkatan Laut yang akan meniti karier di berbagai satuan penugasan, akan dihadapkan dengan berbagai tantangan tugas sebagai perwira pertama, kompleksitas kehidupan sosial kemasyarakatan, serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan lingkungan strategis. Untuk itu diperlukan kualitas perwira-perwira muda TNI Angkatan Laut yang memiliki karakter kepemimpinan yang kuat, berintegritas dan professional.
Lebih lanjut Kasal mengatakan penutupan lendidikan dan wisuda sarjana Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-63, akan menjadi momentum yang istimewa, karena saat inilah awal dimulainya perwujudan pembinaan bidang personel, dalam memajukan organisasi.

Para Taruna dan Taruni sebagai  lulusan terbaik masing-masing korps dan mendapat piagam penghargaan yakni Korps Pelaut Sermatutar (P) Duta Daniswara, S.T.Han., Korps Teknik Sermatutar (T) Muhammad Ridho Munawar, S.T.Han., Korps Elektronika Sermatutar (E) Jalu Wira Aditama, S.T.Han.,  Korps Suplai Sermatutar (S/W) Catur Arum Nuryani, S.T.Han. dan Korps Marinir Sermatutar (M) Muhammad Faishal Djuhaeri, S.T.Han. Sedangkan lulusan terbaik dan mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa adalah Sermatutar (M) Muhammad Faishal Djuhaeri, S.T.Han.

Sementara itu, untuk  penilaian Kertas Karya (Taskar) atau skripsi terbaik diraih oleh Sermatutar (P) Yogi Artandi, S.T. Han dengan judul “Perancang Prototype Receiver AIS Menggunakan Radio VHF FM Guna Meningkatkan Efisiensi Navigasi pada KAL Kadet-V” dan mendapatkan penghargaan Adhipratama Karya. Selain itu untuk Taruni terbaik tahun ini diraih oleh Sermatutar (S/W) Catur Arum Nuryani, S.T.Han

Rangkaian kegiatan penutupan pendidikan ini akan diakhiri dengan upacara Prasetya Perwira yang menandai proses lahirnya seorang Perwira Muda TNI AL. Para Taruna AAL yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya ini akan dilantik menjadi Perwira dengan pangkat Letnan Dua (Letda) bersama dengan Taruna Akademi Militer (Akmil), Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Kepolisian (Akpol) yang rencananya akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta pada tanggal 19 Juli 2018 dengan Inspektur Upacara  Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Turut Hadir dalam upacara tersebut Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pimpinan Kotama TNI AL, Wagub Akmil, Wagub AAU, Para Kepala Dinas di Jajaran Mabesal, pejabat teras AAL, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, Pengurus Inti Jalasenastri dan sejumlah undangan orang tua para Taruna AAL.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA