KOARMADA I LIBATKAN KRI BUNG TOMO 357 PADA LATIHAN TNI AL - RTN SEA GARUDA 2019

KOARMADA I LIBATKAN KRI BUNG TOMO 357 PADA LATIHAN TNI AL - RTN SEA GARUDA 2019

Jakarta, 16 Agustus 2019, KRI Bung Tomo-357 yang berada dibawah Komando Armada I dengan komandan Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo, S.E., tiba di Pelabuhan Chuk Samet disambut oleh Royal Thai Navy ( RTN) Capt. Samarn Khuthapong dan Atase Laut RI untuk Thailand Kolonel Mar Heru Purwoko, serta Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Eko Wahyono dalam rangka mengikuti Latma Sea Garuda bersama dengan Royal Thai Navy (RTN) yang diberi sandi “Sea Garuda 20AB-19” yang akan diselenggarakan mulai tanggal 15 hingga 21 Agustus 2019 di Thailand, Kamis (15/8).

Upacara Pembukaan dipimpin oleh Frigate Souadron I RTN Rear Admiral Kamjoern Charcenkiat. Dilanjutkan pemeriksaan pasukan Satgas Sea Garuda 20AB-19 didampingi oleh Komandan Satgas Sea Garuda Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, dan Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan.

Thailand memperkenalkan pangkalan RTN dengan rangkaian kunjungan ke Pangkalan Militer Thailand, kapal perang diantaranya kunjungan ke Kapal Royal Thai Navy Bhumibol Adulyadej, Freegate Squadron Commander dan courtesy call kepada Deputy Chief Of Staff Of Starship Naval Base,  Deputy Fleet Commander dan Marinir Thailand.

Komandan Satgas Sea Garuda 20AB-19 Kolonel Laut (P) Eko Wahyono menyampaikan bahwa Latihan Gabungan Sea Garuda merupakan latihan bilateral antara TNI AL dan Royal Thai Navy (RTN) yang diadakan secara rutin setiap 2 tahun sekali. Latihan kali ini melibatkan 2 kapal perang dari TNI AL yakni KRI Bung Tomo-357 Jajaran Koarmada I dan KRI Frans Kaisiepo-368 Jajaran Koarmada II, sedangkan Angkatan Laut Thailand melibatkan 2 kapal perangnya yaitu HTMS Bhumibol Adulyadej dan HTMS Rattanakosin. Latihan Sea Garuda 20AB-19 kali ini juga melibatkan peran Marinir dalam latihan taktik perang amfibi, serta melaksanakan manuver lapangan dengan tujuan berbagi pengetahuan dan pengalaman antara kedua Angkatan Laut negara ASEAN tersebut.

"Pada dasarnya Sea Garuda 20AB-19 bertujuan meningkatkan interoperabilitas dalam aspek-aspek peperangan maritim yang umum terjadi di TNI AL maupun RTN, disisi lain juga untuk membangun peluang interaksi dan pertukaran pengetahuan serta pengalaman antara Kormar dan RTMC sebagai kekuatan professional TNI AL maupun RTN,” ujar Kolonel Eko Wahyono.

Sementara itu, Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo, S.E., menyampaikan bahwa Latma Sea Garuda 2019 sendiri adalah wujud dari peningkatan kerjasama bilateral kedua negara yakni Indonesia dan Thailand, yang merupakan bagian dari wilayah regional Asia Tenggara. Melalui Latma Sea Garuda diharapkan dapat mempererat hubungan antar kedua negara dalam rangka menjaga stabilitas keamanan regional wilayah laut.

"Selain mengemban tugas mendukung latihan bersama, KRI Bung Tomo-357 juga membawa misi memperkenalkan kesenian asli dari Indonesia yang akan ditampilkan dihadapan para pejabat RTN dan masyarakat Thailand,” tutur Kolonel Amrin Rosihan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA