KOLINLAMIL BERSAMA WARGA JAKARTA UTARA PEDULI LINGKUNGAN, BERSIH KALI DAN PANTAI

KOLINLAMIL BERSAMA WARGA JAKARTA UTARA PEDULI LINGKUNGAN, BERSIH KALI DAN PANTAI

Jakarta, 9 Agustus 2019, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar Karya Bhakti 2019 dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 yang dilaksanakan di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Karya bakti sebagai bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat ini, merupakan implementasi kepedulian Kolinlamil terhadap lingkungan agar lebih sehat, bersih dan indah.

Kegiatan ini melibatkan seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil, 200 warga sekitar Kalibaru, Cilincing, 50 orang pegawai PPSU Jakarta Utara, 30 pelajar dan 30 anggota pramuka. Selain juga anggota Koramil dan Polsek Cilincing, KPLP, Satpolair dan Posmat Kalibaru turut dalam kegiatan tersebut.

Adapun tema Karya Bakti yang diambil adalah, “Kolinlamil Bersama Rakyat Siap Mewujudkan Lingkungan Laut Yang Indah, Bersih dan Nyaman ”. Setelah bersih-bersih kali, juga dilaksanakan pembagian sembako, penyerahan bak sampah dan gerobak sampah serta penyerahan sajadah untuk masjid di kawasan tersebut.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. yang diwakili Irkolinlamil saat membuka Karya Bakti Kolinlamil 2019 mengatakan, “Kegiatan Karya Bakti ini dilaksanakan dengan mengajak masyarakat Jakarta Utara, khususnya Kali baru, Cilincing untuk peduli lingkungan, dengan memelihara kebersihan serta keindahan sungai dan pantai, dalam rangka menyambut dan memperingati HUT RI ke-74”.
Lebih lanjut Panglima Kolinlamil menyampaikan bahwa daerah Kalibaru sejak tahun 60-an merupakan tempat pendaratan kapal-kapal nelayan untuk melakukan bongkar muat, sekaligus pasar tempat transaksi jual beli hasil laut utamanya perikanan wilayah Jakarta. Kalibaru menjadi penting dan strategis dalam pemenuhan kebutuhan pangan hasil laut bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

“Kami menghimbau kepada warga Jakarta Utara khususnya Kalibaru, Cilincing untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan sehat. Karena sebagai warga di wilayah pesisir, tentu harus melihat sektor kelautan khususnya perikanan menjadi sumber kehidupan yang menjanjikan di masa mendatang. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan menjaga lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya, bagi nelayan yang sedang berlayar tidak membuang sampah ke laut. Pembuangan sampah dilaut dapat merusak kelangsungan hidup biota laut, terutama sampah-sampah non organik yang tidak dapat terurai sampai kapanpun. Mari Kita wujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, bebas dari sampah non organik” himbau Panglima Kolinlamil. 

Panglima Kolinlamil juga berharap dengan kegiatan ini dapat menginspirasi pihak lain untuk bersama-sama melakukan lebih peduli terhadap lingkungan dengan selalu menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan.  
Turut mensukseskan kegiatan tersebut, pihak PT Pelabuhan Indonesia II, Indonesia Power dan WOM Finance. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA