Gerak Cepat, Kodam V/Bwj Kirim Prajurit Zeni dan Tim Medis ke Lokasi Gempa Situbondo

Gempa 6,4 skala richter yang mengguncang Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim), Kamis (11/10/2018) pukul 01.46 WIB, berdampak ke beberapa daerah di sekitar Situbondo, termasuk Kepulauan Sapudi, Madura, Jawa Timur.

Akibat gempa itu, tiga orang warga dinyatakan meninggal dunia dan tujuh lainnya mengalami luka berat tertimpa reruntuhan tembok bangunan.

Mengetahui hal itu, Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya (Bwj), Mayjen TNI Arif Rahman, M. A, segera mengirim anggota Zipur Kodam V/Bwj dan tim medis yang terdiri dari dokter bedah dan umum.

“Personel Zeni tersebut kesana untuk mendata rumah-rumah yang rusak, kemudian langsung memperbaikinya. Sedangkan untuk tim medis, kita juga mengirimkan satu Dokter Bedah, satu Dokter Umum, dan enam orang Perawat ke lokasi gempa,” ujar Pangdam V/Bwj.

Sementara itu, Gubernur Jatim, H. Soekarwo menambahkan, kerusakan rumah para korban gempa tersebut, nantinya akan menjadi tanggung jawab pihak Pemprov Jatim.

“Masyarakat harus diberikan keyakinan bahwa semua kerusakan rumah yang jumlahnya 246 unit itu, akan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi,” kata Gubernur.

Ditambahkannya, saat ini masyarakat terdampak gempa sedang membutuhkan perawatan medis dan tempat tinggal sementara, karena mereka enggan dipindahkan dari lokasi gempa.
“Korban tidak mau dipindahkan. Jadi, pak Pangdam dan Kapolda tadi sudah menyiapkan tenda klinik untuk dijadikan rumah sakit sementara bagi para warga,” katanya.

Dalam peninjauannya ke Kabupaten Sumenep ini, Pangdam V/Bwj bersama-sama Gubernur dan Kapolda Jatim, tidak hanya membesuk para korban gempa di Kepulauan Sapudi saja, namun juga memberikan bantuan langsung kepada warga terdampak gempa, hingga meninjau pos-pos darurat yang didirikan di lokasi tersebut.

Bencana gempa bumi ini mengakibatkan tiga warga Situbondo meninggal dunia, yakni H. Nadar (60) warga Dusun Jambusok Desa Prambanan, selanjutnya Nuril Kamelia (7), dan Muhammar Umur (70), keduanya warga Dusun Jambusuk Prabanan.

“Para personel Zeni dan Tim Kesehatan diberangkatkan pukul 03.00 WIB dini hari menggunakan Kapal Motor Cepat (KMC) milik Bekangdam) V/Bwj,” pungkas Mayjen TNI Arif Rahman, M. A.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA