Bakamla RI (IDNCG) Gelar FGD di Pulau Dewata

Bakamla RI (IDNCG) Gelar FGD di Pulau Dewata

Bali, 8 Agustus 2019 (Humas Bakamla RI/PR IDNCG). Dalam upaya mewujudkan keamanan dan keselamatan di Laut, Bakamla RI (IDNCG) menggelar Forum Group Discussion (FGD), di Pulau Dewata (Bali), Kamis (8/8/2019). 
Acara yang diikuti puluhan peserta dari seluruh stakeholder yang berada di wilayah Bali maupun beberapa perwakilan dari Jakarta itu secara resmi dibuka oleh Kepala Bakamla RI/ Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Kebijakan Bakamla RI/IDNCG) Laksma Bakamla I.G.N.A.Y. Endrawan, S.H., M.H.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Staf Perencanaan Kebijakan Evi P. Ningrum dan dilanjutkan dengan laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Kasubdit Perumusan Kebijakan Kolonel Bakamla Hendry Marulitua, S.H., M.H.

Hajad tahunan tersebut mengangkat tema: “Penyusunan Rekomendasi Kebijakan Pembentukan Fusion Center Sebagai Wadah Sharing Informasi Antar Instansi Terkait Guna Mewujudkan Pengamanan Laut Indonesia yang Efektif dan Efisien”.



FGD yang secara resmi dibuka oleh Direktur Kebijakan Bakamla RI I.G.N.A.Y. Endrawan, S.H., M.H. mewakili Kabakamla itu ditandai dengan pemukulan palu sebanyak tiga kali yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari seluruh peserta FGD.

Kepala Bakamla RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Kebijakan antara lain meminta kepada para peserta diskusi untuk menyampaikan ide-ide gagasan yang positif, seraya mendoakan agar Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya sehingga FGD ini dapat terlaksana dengan sukses.
Sementara itu Direktur Kebijakan Bakamla RI I.G.N.A.Y. Endrawan, S.H., M.H. yang pagi itu bertintak sebagai Keynote Speaker memaparkan tentang integrasi sistem informasi dalam mendukung upaya pengamanan laut Indonesia.

Pada acara tersebut, panitia menghadirkan dua nara sumber ternama, yakni Kasubdit Gakkum Polair Polda Bali AKBP Swittanto yang memaparkan tentang mekanisme sharing informasi kamanan dan keselamatan laut Polri dan instansi terkait guna mendukung pengamanan laut Indonesia secara sinergi dan terintegrasi.

Nara sumber ke-dua, Kasi Sosial Budaya dan Kemasyarakatan pada Intelijen Kejati Bali A. Luga Harlianto, S.H., M.H. yang memaparkan tentang sinergi dan penegakan hukum tindak pidana di laut antar instansi terkait guna tercapainya pengamanan laut Indonesia yang bersinergi dan terintegrasi.

Bertindak sebagai moderator pada acara tersebut, Prof. Dr. I Ketut Darma Putra, S.Kom., M.T. yang sehari-hari sebagai Dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Udayana.
Turut hadir pada acara tersebut, perwakilan dari TNI AL, KSOP, Kejati, DKP, Polairud, Bea Cukai, KKP, BNPP, Kejari, HNSI, PSDKP serta sejumlah pejabat eselon 3 dan 4 serta staf Bakamla RI / IDNCG.

Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI / PR IDNCG, Letkol Bakamla Mardiono.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA