PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN POSAL PARIAMAN

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN POSAL PARIAMAN

Padang, 11 Agustus 2019,-- Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Pos Angkatan Laut (Posal) Pariaman di Desa Pasir Pauh, Kecamatan Pariaman Tengah, Kamis (8/8).

Walikota Pariaman Dr. Genius Umar. M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada tiga hal menjadi dasar pembangunan Posal Pariaman karena dilihat dari historisnya tidak bisa terlepas dengan TNI Angkatan Laut karena mempunyai nilai historis tersendiri yaitu yang pertama Kota Apriaman terletak dipinggiran pantai atau berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, berjarak lebih kurang 55 Km dari pusat Kota Padang dan merupakan salah satu kota pantai yang menjadi destinasi wisata di daerah Pulau Sumatera. Kedua, keberadaan TNI Angkatan Laut sangat dibutuhkan dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari dan lewat laut karena Laut Pariaman kaya akan sumber daya ikan dan kekayaan laut lainnya. Ketiga, Kota Pariaman merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Pulau Sumatera sehingga kita perlu kehadiran TNI AL dalam mengawasi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Utama TNI  Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman. M.Sc., dalam kesempatan yang sama menyampaikan Tugas TNI AL sesuai dengan UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 bahwa tugas TNI AL selain Operasi Militer Perang atau (OMP) ada tugas lain yang namanya Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berupa membantu pemerintah daerah dalam hal penanggulangan bencana, membantu pemerintah dalam pemerataan perekonomian masyarakat daerah, gotong royong atau lebih dikenal dengan istilah TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa).

“Pos TNI Angkatan Laut sendiri yang disingkat Posal merupakan implementasi dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar pangkalan TNI Angkatan Laut. Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke komando atas untuk dikaji dan evaluasi sebagai bahan pengambilan keputasan baik dalam tingkat taktis maupun strategis,” ujar Danlantamal II.

Danlantamal II juga menyampaikan apresiasi kepada Walikota Pariaman yang telah memasukan TNI AL dalam perencanaan pembangunan Kota Pariaman dan menjadikan TNI AL sebagai icon pariwisata Kota Pariaman.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pembinaan Potensi Maritim di SMK 3 Pariaman. Dalam kegiatan tersebut, Danlantamal II memberikan bibit mangrove atau tanaman bakau sebagai tumbuhan yang banyak manfaatnya yaitu sebagai paru paru dunia, habitat ikan, udang dan kepiting disamping penahan abrasi pantai. Danlantamal II juga menyerahkan bibit ikan gurami, nila dan lele kepada kelompok masyarakat. Diakhir acara yang merupakan rangkaian dari Serbuan Teritorial dan Pembinaan Potensi Maritim Lantamal II Padang dilakukan pelepasan tukik atau anak  penyu ke habitatnya.

Kegiatan dihadiri oleh Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., Wakil Komandan Lantamal II Padang Kolonel Marinir Wurjanto, M.Han., Walikota Pariaman Dr. Genius Umar. M.Si., Aspotmar, Kadispotmar, Kajari Pariaman, Dandim Pariaman, Kapolres Pariaman, dan Satuan Kerja Pemerintah Kota Pariaman, Siswa SMK 3 Pariaman, 1 Pleton Gabungan Prajurit Lantamal II dan Yonmarhanlan II Padang serta dari Satpol PP dan BPBD Kota Pariaman.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA