Danlanal Bandung Pimpin Peresmian Karya Bakti TNI AL Tahun 2019 di Desa Cikawungading Tasikmalaya


Danlanal Bandung Pimpin Peresmian Karya Bakti TNI AL Tahun 2019
di Desa Cikawungading Tasikmalaya

    Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin, S.H., selaku Dansatgas Bakti TNI AL Tahun 2019 memimpin acara pelaksanaan Peresmian Karya Bakti TNI AL Tahun 2019, bertempat di Desa Cikawungading, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (20/11/2019).

    Dalam Sambutannya, Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin, S.H., mengatakan bahwa acara peresmian ini merupakan serangkaian kegiatan Bakti TNI AL Lanal Bandung yang dilaksanakan di Desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.

    “Perlu kita sadari bersama bahwa untuk mengatasi masalah sosial kemanusiaan utamanya dalam peningkatan perekonomian masyarakat, bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat atau pemerintah daerah saja, melainkan tanggung jawab kita semua termasuk di dalamnya masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini faktor kebersamaan, kesetiakawanan sosial dalam wadah persatuan dan kesatuan adalah sangat penting sebagai perwujudan kemanunggalan TNI bersama rakyat yang dapat menumbuhkan jiwa semangat kebersamaan (gotong royong) dalam pembangunan daerah guna peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat ditengah-tengah gencarnya program pembangunan nasional dan percepatan pembangunan daerah serta peningkatan ketahanan nasional dalam rangka mendukung pertahanan negara,” ujar Danlanal Bandung.

    “Dengan terpilihnya wilayah Kecamatan Cipatujah Tasikmalaya sebagai sasaran bakti TNI Angkatan Laut, tidak lain karena memiliki posisi yang sangat strategis terutama dilihat dari sistem pertahanan negara. Oleh karenanya, pelaksanaan Bakti TNI Angkatan Laut Tahun 2019 ini, memiliki arti tidak hanya sebatas sebagai misi kemanusiaan saja, tetapi diharapkan dapat memberdayakan masyarakat guna menumbuhkan rasa kepekaan terhadap berbagai kemungkinan ancaman dengan nuansa kebersamaan dalam upaya menjaga tetap utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai  ini. Dengan selesainya pelaksanaan Bakti TNI AL Tahun 2019, diharapkan apa yang telah disumbangkan melalui program ini, kiranya dapat memberi manfaat kepada masyarakat Desa Cikawungading,” tutur Kolonel Sunar.

    Acara Karya Bakti TNI Angkatan Laut Tahun 2019 diawali dengan Komsos, Penyuluhan Bela Negara dan P4GN kepada masyarakat nelayan dan pelajar SMA, Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Kesehatan Lingkungan bagi pelajar sekolah dasar, serta peninjauan hasil fisik Karya Bakti TNI AL 2019 berupa renovasi 10 unit Rutilahu dan 3 unit Mushola. Dalam peninjauan tersebut warga yang mendapat bantuan berupa renovasi Rutilahu, sarana ibadah dan sarana umum sangat mengapresiasi, puas, terharu dan bangga kepada TNI AL khususnya keluarga besar Lanal Bandung.

    Sedangkan dihari pelaksanaan peresmian Karya Bakti TNI AL Tahun 2019, dilaksanakan baksos berupa non fisik diantaranya pengobatan umum, khitanan masal, pembagian paket sembako dan pemberian bahan kontak kepada masyarakat sekitar Desa Cikawungading, serta peninjauan hasil pembangunan Rutilahu dan renovasi mushola.

    Hadir dalam acara tersebut, Danlanud Tasikmalaya Letkol PNB Pandu, Kepala BNN Tasikmalaya Tuteng Budiman, Kepala Cabang DKP Wilayah Selatan Jabar Acip Saepudin, Kapolsek Cipatujah AKP Atang Rustandi, Danramil Cipatujah Kapten Inf Andri, Dinas Sosial PMDP3A A Budiman, Wakapolres Tasikmalaya Kompol Rikky AS, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII TSM Syarip Hidayat, Kepala UPTD TPI Kabupaten Tasikmalaya, serta Kasatpol PP Tasikmalaya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA